Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

10 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Siapa Sosok Menteri PAN RB, Pengamat: Mega akan Beri ke Kader Loyal

Senin 04 Jul 2022 14:58 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Pangi yakin nama pengisi kursi Menpan RB akan keluar dari kantong Megawati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik sekaligus CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai kriteria calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) haruslah sosok yang loyal. Selain itu kriteria lain yang juga harus dimiliki oleh calon pengganti Tjahjo Kumolo nantinya adalah sosok yang berkontibusi besar di partai.

"Tentu Mega akan memberikan ke kader yang jelas berkontribusi, yang loyal, yang punya kinerja baik selama ini," kata Pangi kepada Republika.co.id, Senin (4/7).

Baca Juga

Ia meyakini Presiden Jokowi tidak akan melangkahi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam menunjuk siapa yang akan mengisi posisi Menpan RB. Nama itu akan muncul dari kantong Mega sendiri.

"Hanya Tuhan dan Mega yang tahu lah soal nama itu siapa yang cocok untuk mengganti Pak Tjahjo," ujarnya.

Sejumlah nama kepala daerah disebut-sebut akan menjadi pengganti Tjahjo seperti Ganjar Pranowo, Olly Dondokambey. Menurutnya menpan RB tidak harus dijabat oleh seorang yang pernah menjadi kepala daerah.

"Kan Pak Tjahjo Kumolo juga bukan kepala daerah," ucapnya.

Menurutya mungkin saja posisi itu akan diberikan untuk Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hal tersebut melihat Tjahjo merupakan mantan sekjen PDIP. Namun bagi Hasto, dikatakan Pangi, posisi sekjen adalah posisi paling terhormat.  "Artinya beliau (Hasto) belum akan pensiun sebagai sekjen," tuturnya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile