Selasa 28 Mar 2023 05:55 WIB

Pertemanan tak Biasa Cina dan Negara Bagian Utah

Cina menghabiskan bertahun-tahun membangun hubungan dengan pejabat di Utah

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Pada 16 September 2018, bendera Amerika ditampilkan bersama dengan bendera Cina di atas becak di Beijing. Pada hari Jumat, 24 Juli 2020, Cina telah memerintahkan Amerika Serikat untuk menutup konsulatnya di kota Chengdu bagian barat dalam konflik diplomatik yang semakin sengit. Perintah itu mengikuti penutupan AS dari konsulat China di Houston.
Foto:

Laporan itu menyebutkan Beijing yakin "pejabat pemerintah daerah lebih lentur dibandingkan pejabat pemerintah federal." Pada Juli tahun lalu Pusat Kontra Intelijen dan Keamanan Nasional AS memperingatkan pemerintah negara bagian dan lokal mengenai operasi penyebaran pengaruh Cina yang "menipu dan memaksa".

Tahun lalu Direktur FBI  Christopher Wray menuduh Cina "memupuk lebih awal - biasanya pejabat negara bagian dan lokal- untuk memastikan politisi di semua tingkatan pemerintah siap untuk menerima dan mengadvokasi agenda Beijing." Pemerintah di negara lain seperti Australia, Kanada dan Inggris menyuarakan peringatan serupa.  

Kekhawatiran itu semakin tinggi di tengah memburuknya hubungan AS dan Cina mengenai perdagangan, hak asasi manusia, masa depan Taiwan, dan dukungan tak terlihat Cina pada Rusia selama perang di Ukraina. Ketegangan semakin memanas setelah AS menembak jatuh balon yang diduga sebagai alat spionase Cina bulan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement