Selasa 18 Jul 2023 17:39 WIB

Kisah Valentino Rossi Muda yang Melegenda, Pindah ke Yamaha Demi Kembalikan Honda ke Bumi

Sampai saat ini, hubungan Rossi dan Honda masih dingin.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi saat masih memperkuat Honda di MotoGP dalam sebuah balapan di Spanyol pada Juli 2003 silam.
Foto:

Terlepas dari kesuksesan bersama Yamaha tersebut, Rossi ternyata masih memiliki harapan untuk bisa menyimpan motor Honda NSR500. Motor itu memiliki nilai sentimentil tersendiri buat Rossi.

Maklum, dengan motor tersebut, Rossi meraih gelar juara dunia kelas utama MotoGP pertamanya. ''Saya memiliki semua motor yang pernah saya kendarai saat menjadi juara, semua motor Aprilia (saat menjadi juara di kelas 250 cc dan 125 cc) dan semua motor Yamaha, kecuali Honda,'' kata Rossi seperti dikutip Crash pada 2010 silam.

''Semua motor itu memberikan kenangan tersendiri. Saya berbicara pada Alberto dan setidaknya mau memberikan motor NSR500 milik saya,'' katanya. ''Saya sudah menyiapkan tempatnya di rumah. Saya akan sangat senang jika Honda berubah pikiran dan mengirimkan motor itu.''

Rossi merujuk ke pembicaraan dan permintaan kepada Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig. Namun, Honda menolak permintaan Rossi tersebut.

Puig beralasan, motor NSR500, yang kini berada di museum Honda, menjadi pengingat dari keberhasilan Honda meraih gelar juara. Penolakan ini agaknya masih menjadi penanda belum pulihnya hubungan antara Rossi dan Honda. 

''Motor itu juga memiliki makna penting dan simbol kebanggaan buat kami. Tentu, kami menginginkan hal itu sebagai trofi dari kesuksesan kami dan bisa menunjukkan kepada fans, kami bisa menang dengan motor ini,'' kata Puig seperti dilansir Webbikeworld.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement