Selasa 22 Aug 2023 08:54 WIB

Jangan Abaikan Tanda Titik Hijau di Ponsel Android Anda, Bisa Bahaya!

Titik ini dapat menunjukkan tanda peringatan Anda sedang dimata-matai.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Titik hijau yang terdapat di bagian atas layar ponsel Android merupakan indikator bahwa suatu aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon secara real-time.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Titik hijau yang terdapat di bagian atas layar ponsel Android merupakan indikator bahwa suatu aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon secara real-time.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Titik hijau yang terdapat di bagian atas layar ponsel Android merupakan indikator bahwa suatu aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon secara real-time. Namun, titik ini dapat menunjukkan tanda peringatan Anda sedang dimata-matai, jika tiba-tiba muncul padahal sedang tidak menggunakan aplikasi apapun.

Untuk memastikan apakah sedang dimata-matai atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan menampilkan atau menggulirkan menu, dan lihat apakah ada aplikasi di ponsel yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon. Jika ternyata tidak ada, maka Anda bisa mencurigai adanya tindakan penguntit.

Baca Juga

“Pada umumnya, titik hijau tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika Anda curiga sedang dimata-matai, Anda harus bertindak cepat,” kata Jamie Akhtar, CEO dan salah satu pendiri CyberSmart, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (21/8/2023).

Menurut Akhtar, penyebab yang paling mungkin adalah karena pengguna telah memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses kamera atau mikrofon meskipun sedang tidak digunakan. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksanya di bagian ”izin” (permissions) pada pengaturan perangkat Anda.