Kamis 02 Nov 2023 17:47 WIB

Investigasi BBC: Israel Sengaja Mengebom Daerah-Daerah Tempat Berlindung Warga Gaza

Israel menyarankan warga Gaza untuk pindah ke wilayah tertentu di selatan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina memeriksa kerusakan bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Jabaliya di pinggiran Kota Gaza, Selasa, (31/10/2023).
Foto:

Rafah - 11 Oktober

photo
Warga Palestina mencari korban selamat di gedung-gedung yang hancur akibat bombardir Israel di Jalur Gaza di Rafah, Rabu, 11 Oktober 2023. - (AP Photo/Hatem Ali)

 

BBC telah memverifikasi bahwa ada serangan lain keesokan harinya, lebih jauh ke selatan dekat perbatasan Mesir. Serangan pada 11 Oktober 2023 ini menghantam Lapangan Nejmeh di pusat Rafah. 

BBC melihat video yang diunggah ke media sosial yang menunjukkan kehancuran setelah serangan tersebut.  Dengan menggunakan gambar alun-alun yang tersedia sebelum penyerangan, maka dapat diidentifikasi bentuk bangunan yang mirip dengan alun-alun Nejmeh.

Peringatan yang dikeluarkan pada 8 Oktober 2023 oleh IDF juga berisi instruksi bagi warga Rafah untuk segera pergi ke tempat penampungan di pusat Kota Rafah demi keselamatan. 

BBC menganalisis semua unggahan peringatan IDF di media sosial dalam bahasa Arab. Sejauh ini belum ditemukan bukti adanya instruksi berbeda. Namun hal itu tidak menghilangkan kemungkinan adanya instruksi lain yang dikeluarkan.

Khan Younis - 19 Oktober

photo
Warga Palestina mencari mayat dan korban di reruntuhan bangunan tempat tinggal yang rata akibat serangan udara Israel, di kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza selatan, Kamis (19/10/2023). - (EPA)

 

Delapan hari kemudian, di Khan Younis, terjadi pengeboman lagi tepatnya di Jalan Gamal Abdel Nasser. BBC memverifikasi hal ini dengan melihat video bangunan yang runtuh di salah satu jalan raya utama kota. 

Dengan mencocokkan bentuk bangunan dalam video, dengan gambar diam lain di lokasi yang sama, maka dapat diverifikasi bahwa itu adalah bangunan yang sama.

Rekaman tambahan setelah kejadian menunjukkan jenazah korban meninggal dan terluka dikeluarkan dari reruntuhan dan dibawa ke rumah sakit Nasser terdekat. IDF telah mengeluarkan peringatan pada 16 Oktober 2023 bagi penduduk Kota Gaza untuk pindah ke selatan menuju Khan Younis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement