Rabu 13 Dec 2023 07:18 WIB

PPP Nilai Ganjar Tampil Orisinal tanpa Kamuflase di Debat Capres

Salah satu upayanya meningkatkan SDM Indonesia adalah memperbanyak sekolah vokasi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Plt Ketua Umum DPP PPP, Muhamad Mardiono.
Foto:

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menerima pertanyaan dari Prabowo Subianto soal caranya untuk mengurangi pengangguran. Dia menyampaikan, dua upayanya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Pertama adalah membuka ruang investasi yang besar. Untuk membuka ruang investasi tersebut, dibutuhkan kepastian hukum yang berjalan baik untuk para pemilik modal untuk berinvestasi.

"Kepastian hukumnya berjalan dengan baik, transparan, akuntabel, mudah, murah, cepat dalam sebuah layanan. Tanpa itu dilakukan mereka akan minggat dan mereka akan pergi, tidak mau datang," ujar Ganjar di halaman kantor KPU, Selasa malam WIB.

Kedua adalah saat para investor sudah datang, perlu adanya sejumlah kebijakan untuk mengakomodasi kemudahan berinvestasi. Ketika dua hal tersebut terwujud, pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang unggul menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

"Musti disiapkan adalah SDM, ketangguhan SDM untuk menjemput itulah yang harus kita siapkan," ujar Ganjar.

Salah satu upayanya untuk meningkatkan SDM Indonesia adalah diperbanyaknya sekolah vokasi. Selain itu, perlu kebijakan wajib sekolah 12 tahun gratis untuk menghadirkan SDM yang unggul.

Sekolah gratis adalah bagian integral dari upaya mempermudah akses pendidikan. Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023 tersebut meyakini, pendidikan merupakan alat ampuh dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Ganjar juga menyadari betul bonus demografi yang dimiliki Indonesia. Hal itu harus bisa dimanfaatkan dengan pengelolaan sumber daya manusia yang kompeten dan pendidikan yang berkualitas, terutama bagi masyarakat kurang mampu.

"Ada juga tindakan afirmasi, sekaligus untuk menurunkan kemiskinan adalah setiap satu keluarga miskin kita kasih kesempatan satu anaknya sampai ke perguruan tinggi. Karena itulah yang akan membongkar dan kemudian memberikan ruang pekerjaan yang jauh lebih banyak kepada mereka," ujar Ganjar

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement