Selasa 05 Mar 2024 15:07 WIB

Anggaran Makan Gratis Rp 15 Ribu, Kepala Sekolah Wamena: Di Sini yang Layak Rp 40 Ribu

Biaya makan di Wamena mahal karena ongkos logistik yang cukup tinggi.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah siswa menunjukkan makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024).
Foto:

Namun lebih krusial kata Yosep, sisi minus dari program pemberian makan gratis untuk para siswa tersebut, bakal semakin memotong interaksi murid, maupun tanggung jawab orang tua, dan keluarganya masing-masing dalam memberikan kualitas asupan kepada anak.
 
“Karena makan gratis untuk siswa-siswa tersebut menurut saya, tidak lagi memberikan tanggung jawab kepada orang tua. Dan hanya akan semakin membuat anak-anak (siswa) kurang diperhatikan oleh orang tuanya,” begitu kata Yosep.
 
Makan siang gratis plus susu, salah-satu program Capres Prabowo Subianto jika berhasil menjabat sebagai Presiden 2024-2029. Prabowo mengatakan program tersebut diperuntukan salah-satunya untuk para siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai dengan SMA yang banyaknya mencapai 57,9 juta jiwa di seluruh Indonesia. Anggaran per siswa sekali makan, sebesar Rp 15 ribu. Meskipun belum resmi terpilih, Capres Prabowo sudah melakukan simulasi program makan siang gratis itu di sejumlah daerah. Namun simulai tersebut baru dilaksanakan di wilayah-wilayah terjangkau sumber pangan. 
 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement