Jumat 31 May 2024 08:08 WIB

Ini Surat Terbuka Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei untuk Mahasiswa Amerika

Khamenei memuji mahasiswa AS yang membela bangsa Palestina.

Red: Teguh Firmansyah
Ayatollah Ali Khamenei
Foto:

“Rezim Zionis menggunakan kebijakan tangan besi terhadap rakyat Palestina yang tidak berdaya sejak awal dan sejak itu semakin meningkatkan kebrutalan, teror, dan penindasan dengan mengabaikan semua nilai moral, kemanusiaan, dan agama,” tulis surat tersebut.

Surat tersebut juga mengatakan bahwa para elite di Barat yang memiliki perusahaan media besar telah menyebut perlawanan Palestina sebagai 'terorisme; dan membela Israel sebagai 'tindakan membela diri.;

Namun, surat tersebut menambahkan bahwa keadaan telah berubah dan nasib berbeda menanti kawasan Asia Barat di tengah kebangkitan dukungan terhadap Palestina di seluruh dunia.

Surat tersebut menggambarkan protes kampus di AS sebagai perkembangan yang signifikan dan penting,” yang menunjukkan persetujuan dan dukungan terhadap gerakan mahasiswa di Barat.

“Saya juga termasuk di antara mereka yang berempati dengan Anda, kaum muda, dan menghargai ketekunan Anda,” surat itu mengutip ucapan Khamenei kepada para pengunjuk rasa di Amerika.

Surat pada Kamis ini muncul lebih dari sembilan tahun setelah Khamenei berpidato di depan pemuda di Eropa dan Amerika Utara, yang menandai pertama kalinya seorang pejabat tinggi Iran berbicara langsung kepada pemuda di Barat.

Aksi protes universitas AS terhadap perang di Gaza, yang dimulai bulan lalu di Universitas Columbia dan kemudian meluas ke kampus lain di seluruh negeri, telah menjadi berita utama di seluruh dunia.

Ratusan mahasiswa dan profesor telah diskors karena berpartisipasi dalam protes di berbagai universitas di AS.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement