Kamis 20 Jun 2024 20:40 WIB

Spanyol vs Italia: Adu Tangguh Dua Tim Pengusung Sepak Bola Menyerang di Euro 2024

Pemenang laga Italia vs Spanyol akan lolos ke 16 besar Euro 2024.

Red: Israr Itah
Pemain Italia Alessandro Bastoni melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Albania pada pertandingan Grup B turnamen sepak bola Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Ahad (16/6/2024) WIB. Italia berhasil meraih poin penuh dalam laga itu seusai menang dengan skor 2-1. Gol Italia dicetak Alessandro Bastoni di menit ke-11 dan Nicolo Barella di menit ke-16. Satu gol Albania dicetak oleh Nedim Bajrami di menit pertama pertandingan.
Foto:

De la Fuente juga melihat Italia sama kompetitifnya dengan Spanyol. Untuk itu, dia yakin pertandingan kedua dalam Euro 2024 yang dijalani kedua tim tersebut bakal menjadi pertandingan yang sangat berkualitas. Ia bersiap untuk sesuatu yang lebih mirip dengan pertarungan sengit.

"Kami siap untuk berlumpur, menggali lebih dalam di sebuah tambang dan seharian di kantor. Siap untuk segalanya," kata De la Fuente.

Sejak Olimpiade 1920 di Antwerp, Belgia, kedua tim sudah 40 kali bertemu dalam berbagai turnamen. Spanyol menang 13 kali, Italia menang 11 kali, sisanya berakhir seri.

Namun pada tingkat turnamen utama sepak bola dunia, Azzurri dan La Roja baru bertemu sembilan kali; tiga kali dalam Piala Dunia dan enam kali dalam Piala Eropa. Mereka juga dua dari empat tim Eropa yang menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa.

Di sini, catatan Italia sedikit lebih unggul. Italia sudah empat kali menjuarai Piala Dunia dan tiga kali juara Piala Eropa, sedangkan Spanyol sekali menjuarai Piala Dunia dan tiga kali mengangkat trofi Euro.

Mereka saling mengalahkan dalam 16 tahun terakhir, mulai Euro 2008 ketika Spanyol menghentikan Italia pada perempat final. Empat tahun kemudian dalam Euro 2012 mereka bertemu lagi dua kali, dalam fase grup dan final Euro edisi itu, yang seperti 2008 juga dimenangkan oleh La Roja.

Kedua tim bertemu lagi dalam semifinal Euro 2020 ketika Italia menang lewat adu penalti, yang membuka jalan kepada Azzurri untuk menyamai Spanyol mengangkat trofi Piala Eropa ketiga kalinya.

Dengan catatan-catatan seperti itu, pertemuan mereka Jumat dini hari itu terlalu dini. Idealnya, mereka bertemu dalam partai puncak. Namun laga ini bisa saja terulang pada partai final.

Italia kemungkinan akan kembali bermain dengan tiga penyerang dalam formasi 4-3-3 seperti melawan Albania. Gianluca Scamacca di tengah, Federico Chiesa di kanan dan Lorenzo Pellegrini di kiri.

Tiga gelandang tepat berdiri di belakang trisula serang itu. Mereka, yakni Jorginho di poros lapangan, sedangkan Davide Frattesi dan Nicolo Barella mengisi kedua sisi lapangan tengah.

 

Mereka akan...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement