Jumat 28 Jun 2024 05:35 WIB

Perjalanan Spiritualitas di Kota: Jadwal Sholat Hari Ini di Jakarta 

Sholat bukan hanya bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Red: Muhammad Hafil
Sholat berjamaah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Sholat berjamaah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Pada hari Jumat, 28 Juni 2024 ini, umat Muslim di seluruh tanah air, khususnya di Jakarta, kembali mendalami spiritualitasnya melalui rutinitas ibadah sholat. Sebagai ibadah yang menjadi tiang agama, melaksanakan sholat lima waktu adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap Muslim. Sholat bukan hanya bentuk ketaatan kepada Allah SWT, tetapi juga menjadi sarana pembersihan jiwa dan ketenangan batin.

Sholat memiliki derajat yang sangat tinggi dalam Islam, sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 45:

"Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat, dan sesungguhnya sholat itu berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."_ _(Qs. Al-Baqarah: 45)_

Pada kesempatan ini, kami menyajikan jadwal sholat untuk daerah Jakarta pada tanggal 28 Juni 2024. Berikut adalah jadwal lengkapnya:

- Shubuh: 04:41 WIB

- Dhuhur: 11:59 WIB

- Ashar: 15:21 WIB

- Maghrib: 17:52 WIB

- Isya: 19:06 WIB

Sebagai kota metropolitan yang padat dengan aktivitas dan kesibukan, menemukan waktu untuk melaksanakan sholat lima waktu mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Jakarta. Kendati demikian, hal ini tidak mengurangi semangat dan tekad umat Muslim di ibu kota dalam melaksanakan ibadah.

Sholat juga menjadi momen istimewa untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan merasakan kebersamaan dalam komunitas muslim. Sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

_"Barangsiapa menjaga sholat maka baginya cahaya, bukti iman, dan keselamatan pada hari kiamat."_ (HR. Ahmad)

Dalam upaya meningkatkan kualitas spiritualitas, umat Muslim di Jakarta selalu diingatkan untuk tidak lalai dalam menunaikan sholat lima waktu. Di tengah modernitas dan gemerlap ibu kota, sholat berfungsi sebagai penyejuk hati dan pengingat bahwa tujuan hidup lebih dari sekadar urusan duniawi.

Selain sebagai bentuk ketaatan, sholat juga mengandung berbagai hikmah seperti menanamkan disiplin waktu, ketenangan jiwa, dan kesehatan fisik karena gerakan-gerakannya yang sistematis. Oleh karena itu, jadwal sholat memainkan peran penting dalam mengatur kehidupan sehari-hari umat Muslim.

Dengan demikian, mari kita jaga dan laksanakan sholat lima waktu dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita dan memberikan ganjaran yang berlipat atas setiap ibadah yang kita lakukan.

*Artikel ini dibuat oleh AI*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement