Jumat 05 Jul 2024 22:33 WIB

Jalanan Kota Turki Ramai Hewan Liar: Anjing, Kucing, Hingga Burung, Ini Akar Sejarahnya

Kesultanan Ottoman menghormati keberadaan binatang

Red: Nashih Nashrullah
Anjing dan kucing (ilustrasi). Kesultanan Ottoman menghormati keberadaan binatang
Foto:

Müreselli İbrahim Ağa dari İzmir menyumbangkan 100 kuruş setiap tahun ke Masjid Ödemiş Yeni untuk memelihara burung bangau di sekitar masjid pada 1307.

Pada 1544, Lütfi Pasha menghadiahkan air mancur, lubang air, dan kolam untuk para pelancong dan hewan-hewan mereka yang melewati distrik Tirus di İzmir, dan pada  1558, gubernur Adana, Ramazanoğlu Piri Pasha, menyumbangkan padang rumput untuk hewan-hewan tunggangan dan ternak untuk digembalakan.

Dalam piagam sertifikat Yayasan Hacı Seyyid Mustafa di Rumelihisarı, tertulis, "Anjing-anjing liar harus diberi makan dengan roti segar seharga 30 akçe (koin perak) setiap hari." Selain itu, Yayasan Çandarluzade Mehmed Bey menyumbangkan sebuah rumah pertanian untuk merawat merpati pada 1707.

Ada juga Masjid Kediler di Damaskus, Suriah, yang juga merupakan yayasan yang didirikan untuk anak kucing jalanan. Pengurus masjid memberi makan ratusan anak kucing dengan hati.

Selain itu, area dari Marjeh Square ke Mezzeh, termasuk Universitas Damaskus dan Damascus Fair, adalah milik sebuah yayasan yang didirikan untuk menampung hewan tunggangan yang sudah tua atau terluka. Alih-alih menembak atau membiarkannya mati, pemiliknya menitipkan hewan-hewan tersebut di sini untuk mendapatkan perawatan profesional.

Terletak di distrik Beyazıt, Istanbul, Perpustakaan Nasional Istanbul dulunya disebut "Perpustakaan Kucing", karena mantan manajernya, İsmail Saib Sencer, merawat ratusan kucing jalanan pada abad ke-20.

Selalu ada orang-orang yang merawat dan memberi makan ratusan kucing, terutama orang-orang yang tidak memiliki anak atau tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari mereka untuk menyalurkan kasih sayang dan cinta mereka kepada hewan-hewan yang membutuhkan.

Rumah Sakit Bangau

Selama periode Ottoman, setiap rumah di kota-kota memiliki taman kecil dan kandang unggas. Kucing adalah bagian tak terpisahkan dari rumah-rumah kayu tua, yang dipenuhi tikus, dan mereka seperti anak-anak dari rumah-rumah tersebut, yang kebanyakan membuat iri.

Burung bangau, merpati, burung pipit, dan burung layang-layang juga dapat membangun sarang mereka di atap rumah mana pun tanpa rasa takut. Meskipun mereka adalah burung yang dagingnya bisa dimakan, tidak ada yang pernah berpikir untuk memburunya.

Rumah Sakit Bangau di provinsi Bursa, yang juga dikenal sebagai "Gurabahâne-i Laklakan" (Rumah untuk Bangau yang Terluka), didirikan untuk bangau yang sayapnya patah. Bangunan yang masih berdiri ini juga ditampilkan dalam banyak cerita sejarah. Setelah bangau-bangau tersebut dirawat dan disembuhkan, mereka kemudian dibebaskan.

Anda dapat melihat batu berbentuk piring yang diletakkan di depan beberapa rumah tua untuk memberi makan hewan jalanan. Sisa makanan dan tulang-tulang ditinggalkan di atas batu-batu ini untuk anjing dan kucing jalanan. Saat anjing-anjing berbagi makanan ini, mereka tidak berkelahi di jalanan.

Meskipun anjing-anjing jalanan di Istanbul zaman dahulu sangat terkenal, pemerintah kota mengumpulkan mereka semua pada 1909, mengangkutnya ke sebuah pulau di Laut Marmara dan menelantarkannya. Mereka tidak diberi makanan dan air bersih, dan tangisan mereka terdengar di seluruh kota.

Orang-orang yang iba melemparkan makanan kepada mereka, tetapi ketika semua anjing ini mati di pulau itu, penduduk kota merasa terganggu dengan bau bangkai mereka. Perang yang terjadi dan kekalahan kekaisaran setelah kejadian ini dipandang sebagai hukuman atas apa yang dilakukan terhadap hewan-hewan tersebut.

Sumber: dailysabah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement