Kamis 11 Jul 2024 09:15 WIB

Hadits Nabi Sebutkan Palestina Jadi Pusat Kekhalifahan Jelang Kiamat, Kapankah Terjadi?

Bagaimana Al-Quds menjadi pusat kekhalifahan sementara saat ini dijajah Yahudi?

Red: A.Syalaby Ichsan
Warga Palestina menghadiri perayaan hari raya Idul Fitri di dekat kuil Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Rabu, (10/4/2024).
Foto:

Menurut Manshur, peristiwa tersebut tidak akan terjadi kecuali pada masa Al-Mahdi Al-Mumtazhar atau Imam Mahdi. Dia akan menjadi khulafurrasyidin terakhir. Manshur menegaskan, sebagian ulama melihat bahwa kembalinya Al-Quds ke pangkuan kaum Muslimin dan munculnya kekhalifahan Islamiyah melalui tangan Al-Qahthani berlangsung sebelum kemunculan Al-Mahdi. 

Sebagian ulama, tulis Manshur, menilai, seseorang dari Al-Qahthani menyerahkan bendera kepada Al-Mahdi saat keluarnya dia. Al-Qahthani bergabung dengan Imam Mahdi untuk memerangi setiap kelompok yang memusuhi kaum Muslimin. 

photo
Peta wilayah Rafah dan Al Mawasi (kiri bawah). Israel mengusir paksa rakyat Palestina di Rafah dan mendesak mereka untuk mengungsi ke Al Muwasi. - (Tangkapan layar)

Kisah tentang siapa sebenarnya Al-Qahthani juga disebutkan dalam banyak hadits dan atsar yang shahih. Diantaranya, apa yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. 

"Tidak terjadi kiamat sampai keluar seseorang dari (kabilah) Al-Qahthani menggiring manusia dengan tongkatnya. "(HR Bukhari,Muslim dan Nu'aim bin Hammad). 

Hadits lainnya yakni:

"Akan datang setelahku masa kekhalifahan, setelah kekhalifahan, datang masa keamiran, setelah keamiran datang masa raja-raja dan penguasa-penguasa otoriter. Kemudian keluar dari ahlu baitku Al-Mahdi yang memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi kedurhakaan, kemduian memerintah setelahnya (seseorang dari) Al-Qahthani. Maka demi Dzat yang mengutus aku dengan benar, ia (Al-Qahthani) tidak datang sebelum ia (Al-Mahdi) muncul." (HR Ath-Thabrani dalam Al Mu'jam Al-Kabir, Ibnu Asakir dan Abu Nu'aim). 

Artinya, penulis asal Mesir ini mengatakan, pemimpin dari Al-Qahthani akan menjadi khalifah kaum Muslimin setelah Al-Mahdi wafat. Dia akan berperilaku mengikuti konsep Al-Mahdi. 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement