Senin 15 Jul 2024 09:42 WIB

PBB dan ICJ Saja Diabaikan, Intelektual Nahdliyin 'PD' Minta Israel Hentikan Genosida?

Kunjungan lima intelektual muda Nahdliyin menghadap Presiden Israel tuai sorotan.

Red: Hasanul Rizqa
Sejumlah tokoh muda Nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.
Foto:

Bila memang bermaksud membangun dialog, seperti yang disebut Dr Zainul Maarif: "berdiskusi dan mengungkapkan gagasan", efektifkah itu untuk meredam nafsu zionis dalam melakukan genosida terhadap penduduk sipil Palestina? Apa tolok ukurnya? Apakah segera sesudah kunjungan kelima WNI itu, Israel langsung mengurangi atau bahkan setop membantai rakyat Palestina?

Menanggapi fenomena ini, intelektual muda Ismail Fahmi PhD mengingatkan, sekaliber Mahkamah Internasional (International Court Justice/ICJ) dan PBB saja tidak dipedulikan oleh Israel. Seperti diketahui, sejak IDF menggempur Jalur Gaza pada Oktober 2023 kedua lembaga yang dihormati dunia internasional itu terus menyuarakan agar Tel Aviv menghentikan aksi militernya yang telah (dan sedang) menewaskan puluhan ribu warga sipil Palestina.

photo
Anak-anak Palestina dievakuasi dari lokasi yang terkena pemboman di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Sabtu (13/7/2024). - (AP Photo/Jehad Alshrafi)

Lebih lanjut, menurut pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia itu, kedatangan lima orang muda Nahdliyin itu patut dicurigai sebagai bagian dari strategi komunikasi Israel dalam merebut simpati Indonesia, sebuah negara besar dengan penduduk mayoritas Muslim. Terlebih lagi, PBNU sudah menyuarakan kecaman keras atas lawatan mereka yang menghadap Presiden Israel itu.

"Jika ICJ dan PBB saja tidak digubris oleh Israel, lalu dialog apa yang diharapkan dari lima orang perwakilan ini untuk mendukung Palestina, kalau bukan untuk agenda komunikasi publik Israel di negara mayoritas Muslim?" tulis Ismail Fahmi melalui akun X-nya, yang sudah dikonfirmasi oleh Republika, Senin (15/7/2024).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement