Senin 15 Jul 2024 19:23 WIB

LBH Ungkap Dugaan Bisnis Judi Tembak Ikan Oknum TNI Terkait Pembunuhan Wartawan di Karo

Oknum TNI berinisial HB pekan lalu dilaporkan pihak keluarga korban ke Puspomad.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Kondisi rumah wartawan yang terbakar di Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, Selasa (2/7/2024). Tim gabungan Polda Sumatera Utara dan Polres Tanah Karo masih mengusut pemicu kebakaran rumah milik wartawan yang menewaskan empat orang korban pada Kamis (27/6/2024) lalu, serta memeriksa 16 saksi dan mengumpulkan barang bukti di lokasi kejadian tersebut.
Foto:

Dalam penyidikan kasus pembunuhan ini, Polda Sumut sudah menangkap tiga orang sebagai tersangka. Yakni inisial RAS, dan YST, serta B. Kapolda Sumut Inspektur Jenderal (Irjen) Agung Setya Imam Effendi menerangkan, tersangka RAS, dan YST merupakan pelaku pembakaran rumah tinggal Rico Sempurna.

Sedangkan tersangka B, merupakan pihak yang memberikan perintah dan pemberi modal senilai Rp 130 ribu kepada RAS untuk membeli bahan bakar solar serta pertalite yang digunakan YST untuk membakar rumah tinggal Rico Sempurna bersama keluarganya di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe. 

Aksi pembakaran tersebut, bukan cuma menewaskan Rico Sempurna yang menjadi target utama. Akan tetapi, pembakaran tersebut juga berujung pada tewasnya Efrida Ginting isteri korban, serta Sudi Investasi, juga Loin Situkur yang merupakan anak dan cucu korban.
 
Sampai saat ini belum ada penjelasan dari Polda Sumut perihal dugaan keterlibatan anggota TNI Koptu HB dalam kasus tersebut. Pun Polda Sumut, pekan lalu menyampaikan, persoalan motif perbuatan para tersangka yang sudah ditangkap itu masih dalam pendalaman. 
 
Bahkan, Polda Sumut masih belum dapat memastikan apakah kasus yang berujung pada matinya Rico Sempurna beserta anggota keluarganya itu terkait dengan pemberitaan aktivitas perjudian. “Menyangkut motif, kita masih menunggu proses penyidikan,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Komisaris Besar (Kombes) Hadi Wahyudi saat dihubungi pekan lalu.
 
“Terkait dengan dugaan adanya keterlibatan anggota (TNI), penyidik juga masih terus mendalami. Yang pasti, tiga tersangka yang sudah ditangkap oleh Polda Sumatera Utara semuanya itu, adalah dari kalangan sipil,” kata Hadi melanjutkan.
 
 
 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement