Jumat 30 Aug 2024 10:46 WIB

Manfaat Makan Kuaci: Bagus untuk Kulit Hingga Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kuaci tidak hanya lezat tetapi juga bisa menjadi bagian dari pola makan sehat.

Red: Qommarria Rostanti
Kuaci (ilustrasi). Ada beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi kuaci.
Foto: Pixabay
Kuaci (ilustrasi). Ada beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi kuaci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuaci, biji-bijian mungil yang sering kita jumpai sebagai camilan, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kaya akan nutrisi, kuaci tidak hanya lezat tetapi juga bisa menjadi bagian dari pola makan sehat.

Biji bunga matahari ini dinilai sebagai sumber protein nabati yang sangat baik. "Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, kuaci merupakan sumber protein yang baik," kata seorang ahli diet terdaftar dan ahli diet olahraga di Garage Gym Reviews, Destini Moody, dikutip dari laman Eat This Not That pada Jumat (30/8/2024).

Baca Juga

Penelitian menunjukkan bahwa protein nabati dapat mendukung kesehatan jantung, membantu mengelola berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kronis. "Hanya satu ons kuaci mengandung 7 gram protein nabati," kata Moody. 

Berikut ini manfaat kesehatan mengonsumsi kuaci menurut sains:

1. Mendukung kesehatan kulit

Kuaci lebih dari sekadar camilan lezat. Kuaci berperan untuk kesehatan kulit. "Vitamin E dalam biji bunga matahari membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polutan lingkungan," kata pelatih pribadi bersertifikat dan ahli diet terdaftar di Barbend, Gianna Masi. Dia menyebut asam lemak esensial dalam biji bunga matahari membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya tampak lebih sehat.

2. Membantu Anda makan lebih sedikit

Biji bunga matahari dapat membantu mengatur ukuran porsi dan mengurangi asupan kalori. Moody mengatakan, biji-bijian, pada dasarnya, mengandung banyak lemak, yang membuatnya padat kalori.

"Namun, jika Anda membeli kuaci yang sudah dikupas, mengupas dan membukanya dapat memperlambat seberapa cepat Anda mengonsumsinya, sehingga membantu Anda mengontrol porsinya" kata dia.

Satu cangkir kuaci mengandung 12 gram serat, yang merupakan bagian besar dari kebutuhan serat harian Anda. "Ini adalah manfaat yang luar biasa karena serat membantu kita merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu kadar kolesterol dan kesehatan jantung kita," kata Masi.

Menurut National Institutes of Health, serat yang ditemukan dalam kuaci dapat membantu pencernaan dengan mencegah sembelit dan mendukung pergerakan usus yang teratur.

3. Kuaci membantu menambah berat badan yang sehat

Dia mengatakan kuaci mengandung banyak jenis lemak yang disebut lemak tak jenuh ganda yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. "Karena kandungan lemaknya yang tinggi, satu ons biji bunga matahari mengandung sekitar 204 kalori. Anda dapat dengan cepat menghabiskan satu ons kuaci hanya dalam satu genggaman," kata dia.

4. Kandungan magnesium yang tinggi

Magnesium adalah mineral penting untuk beberapa fungsi tubuh, termasuk pengaturan saraf, kram, dan suasana hati. Magnesium juga penting untuk kesehatan tulang. Dengan kandungan 455 miligram per cangkir, satu porsi kuaci membantu memenuhi target magnesium harian Anda.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kuaci mengandung selenium, nutrisi penting dalam kesehatan kekebalan tubuh. Selain pola makan yang sehat dan tidur yang cukup, bahan ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement