Rabu 02 Jun 2010 05:45 WIB

Aktivis Pro-Palestina Kembali Kirim Kapal untuk Menembus Blokade Israel

Red: Ririn Sjafriani
Dua orang warga Israel mengamati kapal yang melintas di Gaza.
Foto: afp
Dua orang warga Israel mengamati kapal yang melintas di Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM--Aktivis pro-Palestina mengatakan, Selasa (1/6) telah mengirim kapal lain untuk mencoba menembus blokade Israel terhadap Gaza. Satu hari setelah tindakan tentara Israel yang memicu kemarahan di berbagai negara serta pertanyaan dari dalam negeri mengenai serangan pada sebuah kapal bantuan kemanusiaan di perairan internasional, yang berakhir dengan tewasnya sembilan aktivis.

Serangan yang membuat Israel mendapat kecaman dari masyarakat Internasional itu kemudian meningkatkan tekanan untuk Israel segera mengakhiri blokade yang telah menyebabkan kemiskinan dari 1,5 juta warga Palestina yang tinggal di kawasan Gaza.

Dewan Keamanan PBB mengutuk serangan tentara Israel yang menyebabkan kematian serta meminta dilakukan investigasi menyeluruh.

Great Berlin dari Gerakan Gaza Merdeka atau Free Gaza Movement yang mengendalikan Flotilla mengatakan, kapal kargo lain telah berangkat dari pantai Italia dengan rute akhir di Gaza. Sementara, kapal kedua akan mengangkut lebih dari 30 orang untuk bergabung, ujar Berlin.