Rabu 22 Aug 2012 12:45 WIB

Kenang Pembakaran Aqsha, Pekan Masjid Sedunia Digelar

Masjid Al Aqsha
Foto: .
Masjid Al Aqsha

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Penasehat Walikota Teheran dan ketua aktivitas relijius ibukota, Hujjatul Islam Nasehi, mengatakan lima masjid telah diresmikan di Teheran. Peresmian dilakukan bersamaan dengan peringatan Pekan Masjid.

Acara pembukaan Pekan Masjid digelar pada Selasa (21/8) waktu setempat. Acara dihadiri oleh Wali kota Teheran Qalibaf.

Atas usulan Lembaga Kebudayaan dan Komunikasi Islam Iran, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menamakan pekan ini sebagai Pekan Masjid. Seperti dikutip Mehr News, Pekan Masjid digelar dalam rangka memperingati hari pembakaran Masjid Al Aqsha oleh rezim Zionis Israel.

Hal ini dibicarakan dalam sidang menteri luar negeri negara-negara anggota OKI beberapa waktu lalu di Teheran. Dalam sidang tersebut, para anggota OKI menekankan pentingnya peran masjid sebagai sendi persatuan dan ukhuwah dunia Islam. Oleh karena itu, pada tanggal 21 Agustus, setiap tahun ditetapkan sebagai dimulainya Pekan Masjid Sedunia.

Berdasarkan ketetapan tersebut, setiap negara anggota OKI berupaya meningkatkan aktivitas di masjid. Hal tersebut guna menjunjung tinggi peran masjid dan statusnya sebagai tempat ibadah yang suci.

sumber : www.irib.ir
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement