Selasa 16 Apr 2013 17:35 WIB

Mendikbud: Perkara UN, Itu Tanggung Jawab Saya!

Rep: Esthi Maharani / Red: Citra Listya Rini
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku dirinya adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam kekacauan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Nuh di Kantor Presiden usai melaporkan kesiapan pelaksanaan UN kloter kedua pada Kamis (18/4) di 11 Provinsi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Yang paling bertanggung jawab adalah saya karena itu tugas dari kementerian," kata Nuh di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (16/4). 

Nuh mengatakan jika dilihat kronologisnya, ada banyak pihak yang terlibat dalam proses pelaksanaan UN tersebut. Misalnya, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang dibantu kementerian lewat litbang dan dirjennya. Tapi, Nuh enggan melepaskan tanggung jawab tersebut dan menyalahkan kepada pihak lain. 

"Karena ini terkait dengan pendidikan dan ujian, maka menteri yang paling bertanggung jawab," ujar Nuh yang mengaku siap menjelaskan duduk perkara kepada publik terkait hal penundaan UN di 11 provinsi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement