Kamis 18 Apr 2013 13:58 WIB

SMA 70 Akui Siswanya Bawa Jawaban UN

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: A.Syalaby Ichsan
 Siswa SMK mengikuti Ujian Nasional di SMK Negeri 8 Jakarta Selatan, Senin (15/4).   (Republika/Agung Supriyanto)
Siswa SMK mengikuti Ujian Nasional di SMK Negeri 8 Jakarta Selatan, Senin (15/4). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, BULUNGAN -- Kepala Sekolah SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan mengakui tiga siswanya membawa lembar jawaban Ujian Nasional ke kelas.

''Ya, ditemukan oleh petugas ada tiga orang,'' Kata Kepala Sekolah SMA 70 Saksono Liliek Susanto, ketika ditemui Republika, di depan ruang kerjanya, Rabu (17/4) Sore.

Liliek mengatakan, lembar jawaban tersebut ditemukan oleh pengawas di kotak pensil siswanya dan di tempat tipex. ''Dua di tempat pensil dan satu di tempat tipex,'' Katanya

Tiga siswa tersebut membawa lembar jawaban UN ke ruang kelas saat ujian di mata pelajaran Fisika pada jam pertama, Selasa (16/4) lalu. Lilie mengatakan, berdasarkan penuturan ketiga anak didiknya, jawaban tersebut belum dipakai sama sekali karena telanjur ketahuan oleh pengawas.

Liliek mengaku, anak didiknya menggunakan cara tersebut untuk melindungi diri dan berjaga-jaga jika sewaktu-waktu merek tidak bisa menjawab soal. Dari pengakuan muridnya, ujar Liliek, mereka tidak tahu asal jawaban tersebut.

Mereka hanya mendapatkan dari blackberry messenger di telepon genggam  serta melalui e-mail. ''Setelah dapat, mereka salin di kertas,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement