Senin 09 Oct 2023 19:25 WIB

Negara-Negara Barat Mulai Blokir Bantuan untuk Palestina

Austria, Jerman, AS dan Inggris mulai blokir dan bekukan bantuan untuk Palestina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Kapal Induk USS Gerald R. Ford milik AS yang siap dikerahkan dekat Israel pasca serangan pejuang Hamas. Sejumlah negara Barat secara terang-terangan memberikan dukungan pada Israel
Foto:

Sedangkan Amerika Serikat (AS) menegaskan bantuan tanpa batas untuk Israel. Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer mengatakan, para senator diberi pengarahan oleh pejabat senior Departemen Luar Negeri dan Pentagon atas keputusan itu.

Mereka telah diberi jaminan bahwa AS memberikan semua yang mereka butuhkan kepada Israel. “Saya bertanya kepada perwakilan Departemen Pertahanan kami apakah mereka memberikan segala yang dibutuhkan Israel, dan saya berbesar hati karena mereka menjawab ya dan mereka memberikan dukungan yang meningkat,” kata Schumer dalam sebuah pernyataan setelah pengarahan pada Ahad malam.

Schumer menyatakan telah mendesak pemerintah AS untuk memastikan Israel memiliki semua yang dibutuhkan. "Menegaskan kembali bahwa Senat siap memenuhi kebutuhan tambahan,” katanya.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin juga mengonfirmasi, AS akan mengirim beberapa kapal dan pesawat militer lebih dekat ke Israel sebagai bentuk dukungan. Dia memerintahkan pemindahan Kelompok Serangan Kapal Induk USS Gerald R. Ford ke Mediterania Timur yang lebih dekat ke Israel. Pasukan tersebut mencakup kapal induk, sebuah kapal penjelajah berpeluru kendali, dan empat kapal perusak berpeluru kendali.