Sabtu 16 Dec 2023 11:55 WIB

Lokomotif Uap ‘Si Gombar’ Kembali ke Garut dalam Bentuk Miniatur

Lokomotif uap DD5208 itu pernah beroperasi di jalur Cibatu-Garut.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Miniatur Lokomotif Uap DD5208 atau Si Gombar dipamerkan di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).
Foto: Dok. PT KAI Daop 2 Bandung.
Miniatur Lokomotif Uap DD5208 atau Si Gombar dipamerkan di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Miniatur lokomotif uap DD5208 dipamerkan di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Jumat (15/12/2023). Setelah roadshow ke sejumlah daerah, rencananya miniatur lokomotif dengan panjang sekitar enam meter dan lebar 80 sentimeter itu akan ditempatkan di gedung lama Stasiun Garut.

Kegiatan roadshow miniatur lokomotif uap DD5208 itu hasil kerja sama komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS), PT KAI, dan PT Tridi Zaiku Indonesia (3D Zaiku). Deputi PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Mariyanto, mengatakan, lokomotif tersebut memiliki banyak sejarah di dunia perkeretaapian Indonesia, khususnya di wilayah Priangan.

Baca Juga

“Lokomotif itu pernah berdinas di wilayah pegunungan Priangan Barat maupun Priangan Timur, dengan daya jelajah membentang dari Purwakarta hingga ke Garut, Cikajang, dan Tasikmalaya. Secara alamiah, jalur Cibatu-Garut merupakan salah satu habitat utama dari lokomotif ini,” kata Mariyanto, melalui siaran pers, Jumat.

Dari catatan Republika, lokomotif uap DD5208 dikenal oleh masyarakat di sekitar Garut dengan nama “Si Gombar”. Si Gombar merupakan lokomotif uap mallet terbesar di Indonesia, yang terakhir beroperasi pada 1983, seiring berhenti beroperasinya jalur kereta api ke Stasiun Garut.