Kamis 21 Mar 2024 09:11 WIB

Bagaimana Dampak Kenaikan Suku Bunga Jepang ke RI? Ini Kata BI

Nilai tukar dolar AS yang saat ini masih cukup kuat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah) bersama deputi dean guburnur BI lainnya melakukan konferensi pers pengumuman RDG Bulanan BI Maret 2024 di Gedung BI, Rabu (20/3/2024).
Foto: Republiika/Rahayu Subekti
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah) bersama deputi dean guburnur BI lainnya melakukan konferensi pers pengumuman RDG Bulanan BI Maret 2024 di Gedung BI, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Sentral Jepang atau Bank of Japan (BoJ) menaikkan suku bunganya menjadi 0-0,1 persen dari sebelumnya minus 0,1 persen. Berkaitan dengan hal tersebut, Gubernur BI Perry Warjiyo menilai tidak ada dampak berarti kepada Indonesia.

"Kami tidak melihat kebijakan-kebijakan BoJ berpengaruh besar terhadap pergerakan inflow dan outflow maupun juga berkaitan dengan nilai tukar," kata Perry dalam konferensi pers RDG Bulanan BI Maret 2024, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

Perry menjelaskan, pada akhirnya pergerakan nilai tukar berbagai negara ditentukan kekuatan nilai tukar dolar AS yang saat ini masih cukup kuat. Hal itu menurutnya juga yang membuat beberapa pekan terakhir memberikan peningkatan tekanan terhadap nilai tukar.

"Ini karena ketidakpastian keuangan pasar global masih tinggi dan juga dolar AS yang masih cukup kuat lah," ucap Perry.

Senada dengan Perry, Deputi Gubernur BI Destry Damayanti menegaskan juga tidak melihat dampak yang signifikan terhadap nilai tukar rupiah dari kebijakan BoJ tersebut. Destry menyebut hingga saat ini belum ada dampak khusus di pasar keuangan.

"Kami melihat di market tidak terasa ya dan dari AS sendiri yang memang trennya menguat," tutur Destry.

Destry mengungkapkan kenaikan dolar AS justru lebih dominan setelah Jepang menaikkan suku bunga. Lalu AS juga melonggarkan kebijakan dengan melepas limit untuk yield.

"Jadi terkait Jepang kami belum melihat dampak signifikan kepada rupiah," ujar Destry.

Sebelumnya, BoJ pada awal pekan ini menaikkan suku bunga acuannya setelah ditahan pada level ultra rendahnya selama delapan tahun terakhir. Kebijakan saat ini menjadi kenaikan pertama sejak 17 tahun terakhir.

Kebijakan tersebut membuat BoJ menjadi bank sentral terakhir yang keluar dari suku bunga negatif. Selain itu juga mengakhiri era para pengambil kebijakan di seluruh dunia yang berupaya menopang pertumbuhan melalui uang murah dan alat moneter yang tidak konvensional.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement