Ahad 02 Jun 2024 09:35 WIB

Cina Berhasil Mendarat di Sisi Gelap Bulan

Pendaratan tersebut melonjakkan status keantariksaan Cina.

Red: Fitriyan Zamzami
Ilustrasi pendarat bulan Chang'e-6 milik Cina.
Foto: CNSA
Ilustrasi pendarat bulan Chang'e-6 milik Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Republik Rakyat Cina (RRC) kembali berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa tak berawak di sisi jauh bulan pada Ahad. Pendaratan itu menjadi tonggak sebuah misi penting yang bertujuan untuk mengambil sampel batuan dan tanah dari belahan bulan yang gelap alias tak pernah menghadap Bumi.

Pendaratan ini meningkatkan status kekuatan luar angkasa Cina dalam upaya global untuk mencapai bulan. Capaian tersebut di tengah upaya negara-negara, termasuk Amerika Serikat, mengeksploitasi mineral bulan untuk mempertahankan misi astronot jangka panjang dan pangkalan di bulan dalam dekade berikutnya.

Baca Juga

Pergerakan rotasi bulan dan bumi selama ini membuat hanya satu sisi bulan saja yang terlihat dari bumi. Sejak lama, posisi bulan yang gelap dan tak terlihat dari bumi menjadi misteri bagi para ilmuwan. Bagian bulan itu dipenuhi kawah yang dalam dan gelap, membuat komunikasi dan operasi pendaratan robot menjadi lebih menantang.

Pesawat Chang'e-6, dilengkapi dengan serangkaian peralatan dan peluncurnya sendiri, mendarat di kawah tumbukan raksasa yang disebut Cekungan Kutub Selatan-Aitken di sisi bulan yang menghadap ke luar angkasa pada pukul 06.23 waktu Beijing (22.23 GMT), kata Badan Antariksa Nasional Cina (CNSA) dalam sebuah pernyataan.

Misi tersebut “melibatkan banyak inovasi teknik, risiko tinggi dan kesulitan besar,” kata CNSA. “Muatan yang dibawa oleh pendarat Chang’e-6 akan berfungsi sesuai rencana dan melaksanakan misi eksplorasi ilmiah.” Keberhasilan misi ini merupakan misi kedua yang dilakukan Cina di sisi terjauh bulan, wilayah yang belum pernah dicapai oleh negara lain. 

Pesawat luar angkasa Chang'e-6 diluncurkan pada tanggal 3 Mei dengan roket Long March 5 Tiongkok dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di pulau selatan Hainan, mencapai sekitar bulan kira-kira seminggu kemudian sebelum memperketat orbitnya sebagai persiapan pendaratan.

Dengan menggunakan sekop dan bor, pendarat akan mengumpulkan 2 kg material bulan dan membawanya kembali ke Bumi. Sampel tersebut akan ditransfer ke pendorong roket di atas pendarat, yang akan diluncurkan kembali ke luar angkasa, dipasangkan dengan pesawat ruang angkasa lain di orbit bulan dan kembali, dengan pendaratan di wilayah Mongolia Dalam di Cina diperkirakan sekitar tanggal 25 Juni.

photo
Lokasi pendaratan pendarat Change 6 di sisi gelap bulan. - (CNSA)

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, misi ini akan memberi Cina catatan penting tentang sejarah bulan selama 4,5 miliar tahun dan menghasilkan petunjuk baru tentang pembentukan tata surya. Hal ini juga akan memungkinkan adanya perbandingan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara wilayah gelap yang belum dijelajahi dengan sisi bulan yang menghadap Bumi yang lebih dipahami.

Strategi Cina yang lebih luas di bulan mencakup pendaratan astronot pertamanya sekitar tahun 2030 dalam sebuah program yang menganggap Rusia sebagai mitra yang sedang berkembang. Pada 2020, Tiongkok melakukan misi pengambilan sampel bulan pertamanya dengan Chang'e-5, mengambil sampel dari sisi dekat bulan.

AS, dengan program Artemisnya, juga menjadwalkan pendaratan manusia di bulan pada akhir 2026 atau lebih. NASA telah bermitra dengan beberapa badan antariksa termasuk Kanada, Eropa, dan Jepang, yang astronotnya akan bergabung dengan kru AS dalam misi Artemis di masa depan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement