Selasa 04 Jun 2024 11:47 WIB

Mengapa KPK Periksa Mahasiswa Terkait Buron Harun Masiku?

Setelah kasusnya lama tak terdengar, buron Harun Masiku kembali diburu oleh KPK.

Red: Andri Saubani
Pegiat antikorupsi mengenakan topeng Harun Masiku dalam unjuk rasa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2024).
Foto:

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pernah menanggapi harapan KPK kepadanya untuk memberi tahu keberadaan Harun Masiku. Ia pun mengatakan, Harun Masiku adalah korban dalam kasus dugaan suap pejabat KPU.

"Terkait Harun Masiku kan saya nyatakan bahwa yang bersangkutan itu menjadi korban," ujar Hasto di Rumah Makan Batik Kuring, Jakarta, Ahad (7/4/2024).

Pernyataannya soal Harun Masiku adalah korban bukan tanpa alasan. Sebab, sosok tersebut memiliki hak politik berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA) untuk menjadi anggota dewan, tetapi kemudian diperas oknum KPU.

Lalu, ia pun meminta KPK yang juga seharusnya memantau upaya intervensi negara dalam pelaksanaan pemilihan umun (Pemilu) 2024. Termasuk proaktif dalam mendalami indikasi kecurangan yang ada.

"Dengan melihat penyimpangan pemilu itu, harusnya KPK lebih proaktif dalam mengusir berbagai kecurangan bansos, berbagai penyalahgunaan anggaran. Ada dana prakerja yang jumlahnya sangat besar, saya dapat infonya sebesar 70 triliun kejahatan berulang," ujar Hasto.

'Kemudian ada informasi dengan ilegal mining yang melibatkan orang-orang dekat kekuasaan ini yang menjadi fokus oleh komisi pemberantasan korupsi," sambungnya.

Merespons Hasto, KPK mendesak Hasto tidak mengaku sebagai korban dalam kasus tersebut. Juru Bicara KPK Ali Fikri menyinggung tindakan Hasto seolah menjadi korban atas kasus Harun Masiku. Padahal menurut Ali, intimidasi itu hanya mengada-ngada.

"Kami berharap jangan kemudian membangun opini seolah-olah menjadi korban, padahal dalam kasus tersebut dari hasil penyidikan sampai putusan pengadilan sudah jelas, sama sekali tidak ada fakta tersebut (intimidasi)," kata Ali dalam keterangannya pada Senin (8/4/2024).

Ali pun memprotes pernyataan Hasto. KPK mendorong Hasto menginformasikan lokasi Harun daripada melempar pernyataan yang tak didasarkan fakta yang ada.

"Kami berharap bila yang bersangkutan (Hasto) dapat menginformasikan keberadaan harun masiku ada di mana saat ini " ujar Ali 

KPK menjamin meringkus Harun Masiku segera setelah mengetahui lokasinya. "Sehingga dapat kami tangkap dan bila ditemukan maka akan segera kami bawa pada proses peradilan agar ada kepastian hukumnya," ucap Ali.

 

photo
Karikatur Opini Republika : Pungli KPK (Lagi) - (Republika/Daan Yahya)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement