Rabu 10 Jul 2024 10:03 WIB

Arab Saudi Ancam Negara Eropa Lewat Surat Utang, Jika Berani Sita Aset Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mendekati Arab Saudi di tengah isolasi Barat.

Red: Teguh Firmansyah
Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman
Foto:

Pemimpin Saudi, yang melancarkan perang brutal melawan kelompok Houthi yang didukung Iran, mendesak Putin untuk tidak mempersenjatai kelompok tersebut, dan Rusia menurutinya.

Arab Saudi bersaing dengan Rusia untuk mendapatkan posisi sebagai eksportir minyak mentah terbesar di dunia.

Seperti negara-negara Teluk lainnya, mata uang Arab Saudi dipatok terhadap dolar dan menjual minyaknya dalam bentuk greenback, sehingga meningkatkan posisi dolar sebagai mata uang cadangan dunia.

Pada Januari 2023, Arab Saudi mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan perdagangan dalam mata uang selain dolar AS setelah adanya laporan bahwa mereka sedang berdiskusi dengan Tiongkok mengenai penjualan sejumlah minyak mentah dalam yuan.

Janji Presiden AS Joe Biden untuk menjadikan Arab Saudi sebagai “paria” atas pembunuhan kolumnis Middle East Eye dan Washington Post, Jamal Khashoggi, mewujudkan ketakutan bahwa suatu hari nanti Washington akan berbalik melawan sekutunya yang telah berusia puluhan tahun itu.

Biden kemudian beralih dan bersandar pada Arab Saudi untuk mencapai kesepakatan normalisasi dengan Israel dan memainkan peran dalam pemerintahan Jalur Gaza pascaperang.

Biden ancam Rusia... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement