Sabtu 13 Jul 2024 16:47 WIB

Perekonomian Israel Nampak Baik-baik Saja, Benarkah? 

Ekonom memperingatkan adanya krisis ekonomi yang mendalam di Israel.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
Israel mengalami kejatuhan ekonomi akibat perang melawan Palestina yang masih bergulir hingga saat ini.
Foto:

Perkiraan makroekonomi Kementerian Keuangan yang dipublikasikan pada April menyebutkan bahwa PDB diperkirakan tumbuh tahun ini hanya sebesar 2 persen. Tingkat pertumbuhan penduduk yang lebih tinggi berarti sedikit penurunan PDB per kapita dan kualitas hidup.

Perkiraan tersebut menyatakan: ‘Pasokan mulai pulih setelah pengurangan signifikan dalam cakupan mobilisasi cadangan dibandingkan dengan awal perang. Kami memperkirakan sentimen negatif konsumen akan terus merugikan permintaan’.

Permintaan terhadap pariwisata yang masuk telah anjlok, dan pengalaman dari peristiwa keamanan baru-baru ini menunjukkan bahwa hal ini diperkirakan akan terus berlanjut. Tingkat pengangguran yang besar akan terus menurun secara bertahap sepanjang 2024 dan akan mencapai angka sebelum perang pada 2025.

Defisit anggaran pemerintah pada 2024 diperkirakan akan mencapai 6,6 persen dari PDB. Utang diperkirakan meningkat hingga 67 persen dari PDB. Anggaran negara yang diperbarui untuk tahun 2024 mencakup peningkatan pengeluaran sebesar NIS 70 miliar dari anggaran awal, 55 miliar untuk biaya keamanan, dan 15 miliar untuk belanja sipil terkait perang.

Selain itu, pemerintah diperkirakan akan membayar kompensasi dari dana kompensasinya sebesar NIS 18 miliar yang tidak akan dianggap sebagai pengeluaran anggaran namun memerlukan pendanaan pemerintah.

Perkiraan pesimistis Departemen Keuangan didasarkan pada asumsi bahwa perang akan segera berakhir, sebuah asumsi yang sama sekali tidak pasti. Beberapa menteri, termasuk Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan terkadang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, telah mengindikasikan bahwa mereka ingin meninggalkan IDF di Gaza dan membentuk pemerintahan militer, yang akan menelan biaya puluhan miliar syikal. Kementerian Keuangan belum mengadakan satu pertemuan pun mengenai biaya rencana tersebut.

Selain itu, perkiraan Departemen Keuangan mengasumsikan bahwa perang akan tetap berjalan seperti saat ini dan tidak akan memburuk. Menurut Departemen Keuangan, ‘perkiraan tersebut mengasumsikan bahwa perang tersebut terutama akan terfokus pada satu front di Gaza dan konsekuensi makroekonominya akan terus berdampak pada 2024 dengan tingkat yang semakin berkurang.

“Perkembangan di masa depan yang mungkin memengaruhi durasi dan cakupan perang, tentu saja akan berdampak signifikan terhadap perkembangan ekonomi,” demikian catatan laporan tersebut.

Secara khusus, perluasan perang ke front utara diperkirakan akan menimbulkan dampak ekonomi negatif yang signifikan. Ekspansi seperti itu akan semakin merugikan pertumbuhan dan mungkin akan mengganggu aktivitas rutin. Hal ini antara lain akan mempengaruhi pasar, inflasi, defisit, dan utang pemerintah.

“Risiko lain terhadap defisit berasal dari ketidakpastian mengenai Israel yang menerima bantuan keuangan penuh untuk pembelian keamanan dari AS. Oleh karena itu, kami memperkirakan keseimbangan risiko terkait perkiraan pertumbuhan cenderung menurun,” perkiraan tersebut mencatat.

Sumber di pasar modal mengatakan bahwa meningkatnya kekhawatiran mengenai eskalasi pertempuran dengan Hizbullah, yang dapat menyebabkan perang dengan Suriah dan Iran juga, tidak mempengaruhi bursa saham dan nilai tukar. Hal ini karena investor masih mengharapkan adanya kesepakatan yang akan mengarah pada gencatan senjata permanen di Gaza dan pembebasan sandera serta akan mencegah eskalasi di wilayah utara.

Namun, sumber di ruang perdagangan sebuah organisasi keuangan terkemuka mengatakan bahwa situasi tersebut tentu saja mempengaruhi perdagangan. Bursa saham sedang bergejolak dan syikal melemah. Hal ini masih belum jelas karena bursa-bursa besar di dunia sedang mengalami peningkatan tajam dan uang investor Israel diinvestasikan di dalamnya, sehingga tampaknya ada pertumbuhan, terutama setelah investasi (modal) dipindahkan ke luar negeri tahun lalu. Mereka menghasilkan dolar dan membeli syikal dengan uang tersebut, yang meningkatkan nilai syikal.

Tetapi ada kesenjangan....

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement