Sabtu 20 Jul 2024 09:20 WIB

5 Kemenangan Palestina Atas Israel di Kancah Internasional Sejak Perang Gaza

Perang Gaza membawa sisi lain yaitu kemenangan Palestina

Rep: Fitrian Zamzami, Lintar Satria / Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina mengungsi dari lokasi yang terkena pemboman di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Sabtu (13/7/2024). Menurut pejabat kesehatan setempat bahwa serangan udara Israel tersebut telah menewaskan setidaknya 90 warga Palestina di zona pengungsi camp kemanusiaan. Israel mengklaim serangan itu dilakukan untuk menargetkan panglima militer Hamas Mohammed Deif.
Foto:

Menurutnya, semakin terungkapnya kejahatan Israel akan memiliki konsekuensi. Ia mengingatkan bahwa komunitas internasional Mahkamah Internasional (ICJ), Mahkamah Pidana Internasional (ICC), dan laporan Dewan HAM PBB yang akan memukul Israel.

Kelima, terpuruknya ekonomi termasuk pariwisata

Mungkin sektor ekonomi Israel yang paling menderita di tengah perang ini adalah pariwisata yang menyumbang 2,6 persen dari PDB sebelum pandemi pada 2019, sebelum turun menjadi 1,1 persen pada tahun 2021. Baik pariwisata asing maupun domestik di Israel telah mendatar sejak dimulainya perang.

Di seluruh Israel, restoran dan toko-toko tetap kosong. Segera setelah serbuan Hamas ke Israel selatan dan meletusnya perang di Gaza, banyak maskapai penerbangan yang membatalkan atau menangguhkan sebagian besar penerbangan mereka ke Tel Aviv, dan banyak wisatawan yang membatalkan rencana mereka untuk mengunjungi Israel.

Meskipun demikian, beberapa maskapai besar seperti Lufthansa dan beberapa anak perusahaannya, termasuk Swiss International Air Lines dan Austrian Airlines, melanjutkan penerbangan mereka ke Israel pada awal bulan ini.

Sebelum Operasi Banjir Al Aqsa, jumlah pengunjung ke Israel mencapai lebih dari 300 persen orang setiap bulannya. Pada bulan November, angka tersebut dilaporkan merosot menjadi 39 persen.

"Perang tidak hanya tragis, tapi juga mahal. Dampaknya terhadap pariwisata, misalnya, sangat nyata dan tidak bisa diabaikan," kata Fuld kepada Al Jazeera.

photo
Kelaparan Esktrem di Gaza - (Republika)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement