Selasa 10 Sep 2024 05:45 WIB

Tak Hadir di Acara Rabithah, Kiai Imad Nongol di Podcast, Ini Pembelaannya

Catatan Kiai Imad ditujukan kepada Habib Hanif Alatas dan Gus Maimun Nafis.

Red: A.Syalaby Ichsan
Kiai Imaduddin Utsman.
Foto: Tangkapan Layar
Kiai Imaduddin Utsman.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Banten, yang membatalkan nasab Ba'alawi, KH Imaduddin Utsman tidak hadir dalam acara diskusi bertema "Membedah Tulisan yang Membatalkan Nasab Ba'alawi" yang digelar Rabithah Alawiyah di Jakarta, Sabtu (7/9/2024). Hanya saja, Kiai Imad muncul di sebuah acara podcast sambil memberikan catatan dan jawaban terhadap beberapa narasumber dalam acara tersebut. 

"Dalam kesempatan ini singkat saja kita akan memberikan catatan-catatan dari apa yang telah disampaikan oleh para pembicara yang ada di Rabitah Alawiyah," ujar Kiai Imad dikutip dari video yang diunggah Youtube Gus Fuad Channel, Senin (9/9/2024). 

Baca Juga

Catatan Kiai Imad ini setidaknya ditujukan kepada dua narasumber dalam acara debat tersebut, yaitu kepada Habib Hanif Alatas dan Gus Maimun Nafis. Menurut dia, ada beberapa hal yang dibicarakan oleh Habib Hanif Alatas, diantaranya soal nasab Ba'alawi yang sudah diijma'.

"Ijma' itu bisa dikatakan sahih kalau sebelumnya tidak terjadi khilaf. Sedangkan nasab alawi ini jelas sebelumnya terjadi khilaf, maka ijma' itu tidak dapat dibenarkan," ucap Kiai Imad.