Rabu 27 Jul 2022 17:40 WIB

Penonton Beli Tiket Film tak Sesuai Klasifikasi Usia, LSF Singgung Masalah Literasi-Etika

Masyarakat diserukan menonton film sesuai klasifikasi usianya.

Red: Reiny Dwinanda
Adegan film Elvis yang diperankan aktor Austin Butler. Film arahan sutradara Baz Luhrmann ini tayang untuk usia 17 tahun ke atas.
Foto: Dok Warner Bros Pictures
Adegan film Elvis yang diperankan aktor Austin Butler. Film arahan sutradara Baz Luhrmann ini tayang untuk usia 17 tahun ke atas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Rommy Fibri Hardiyanto mengatakan tantangan saat ini adalah bagaimana masyarakat bisa memiliki literasi cukup untuk menonton film sesuai klasifikasi usianya. Di sisi lain, ia menyebut, sekarang adalah zamannya pencerahan sehingga itu merupakan tanggung jawab tiap individu.

Bicara soal klasifikasi usia, Rommy mengatakan Indonesia telah menetapkan standar baku bahwa petugas harus menanyakan kepada calon penonton apakah umurnya sesuai dengan rating film yang akan ditonton. Namun, hal tersebut menjadi tantangan, mengingat kini pembelian tiket bioskop sudah bisa diakses melalui platform daring.

Baca Juga

"Kita semua tahu bahwa sekarang, membeli tiket bisa dilakukan secara online. Nah, ketika dilakukan online, bagaimana (deteksinya)?" kata Rommy.

Sebetulnya, lanjut Rommy, di platform penjualan tiket bioskop secara daring pun sudah ada keterangan terkait rating film dan usia. Secara imbauan, persuasi, sudah dilakukan oleh semua pihak.

"Namun, sekarang adalah bagaimana masyarakatnya bisa memahami hal tersebut, serta literasi dan etikanya," jelas Rommy.

Menurut Rommy, edukasi dan literasi terkait perfilman dan sensor merupakan salah satu pilar penting untuk meningkatkan etika dan kesadaran masyarakat saat menonton film di bioskop. Ia mengatakan bahwa orang ke bioskop itu mencari kenyamanan dan itu bisa buyar jika film yang ditonton tidak sesuai usia.

"Dengan adanya informasi yang bisa diakses dengan mudah, maka diharapkan masyarakat bisa tahu betapa pentingnya budaya sensor mandiri, dan membuat mereka menjadi peduli dan responsif (saat menonton film di bioskop)," kata Rommy di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement