Rabu 16 Mar 2011 15:24 WIB

Gelombang Kedua Evakuasi WNI Tiba Pukul Lima Sore Nanti

Red: Didi Purwadi
Gempa dibarengi tsunami di Jepang
Foto: dw-world
Gempa dibarengi tsunami di Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - KBRI Tokyo menerbangkan rombongan evakuasi WNI gelombang kedua dengan jumlah 10 WNI. Evakuasi gelombang kedua ini direncanakan akan tiba di Tanah Air pada pukul 17.50 WIB.

Kesepuluh orang tersebut merupakan WNI yang sebelumnya berhasil dievakuasi dari Sendai. Daerah tersebut merupakan salah satu wilayah paling parah terkena dampak gempa-tsunami Jepang. Mereka sudah dievakuasi ke Tokyo pada Selasa (15/3) kemarin.

KBRI sehari sebelumnya telah menerbang evakuasi gelombang pertama yang membawa 99 WNI. Mereka telah tiba di Tanah Air pada Selasa (15/3) dengan menggunakan pesawat GA 885. Mereka disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa.

Marty mengatakan sebanyak 496 dari 24 WNI di Jepang terkena dampak bencana gempa-tsunami Jepang. Mereka tinggal di daerah Miyagi, Fukhusima, dan Sendai. Dan dari 496 WNI tersebut, sebanyak 297 orang harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah. ''Mereka tinggal di daerah-daerah rawan gempa dan radiasi nuklir,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement