Jumat 17 Dec 2021 06:04 WIB

Taruna Merah Putih Gelar Kaderisasi Nasional 2021

Taruna Merah Putih menggelar kaderisasi nasional 2021

Red: Agung Sasongko
Sekjen DPP TMP Restu Hapsari,
Foto:

TMP harus memahami dan memaknai dengan jelas, bahwa kader pelopor adalah kader yang dipimpin oleh ideologi Pancasila. TMP harus menjadi teladan, sebagai influencer bagi anak-anak muda yang lain," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Terkait konsolidasi kader TMP, Djarot menegaskan, harus ada beberapa tahapan yakni, rekrutmen serta membangun kesadaran dan militansi anggota, penguatan kader dan ketokohan PDI Perjuangan, penguatan organisasi dan manajemen partai serta konsolidasi organisasi seasas-seaspirasi dengan komunitas-komunitas juang di PDIP.

"Rekrutmen kader bisa melalui berbagai cara, yakni, seni dan budaya, komunitas-komunitas yang digemari oleh anak-anak muda, dan melalui berbagai platform media sosial dengan konten yang kreatif tetapi tidak mengurangi ensensi ideologi," katanya. 

Menurutnya, konsolidasi kader harus diperkuat dengan jiwa kesetiakawanan dan militansi yang melekat dalam diri kader. 

"Tantangan dan pertarungan ideologis semakin nyata, maka watak nasionalisme dan patriotisme menjadi kekuatan kita menghadapi tantangan tersebut.  Konsekuensi logisnya, TMP harus memiliki kesadaran untuk membasis bersama anak-anak muda untuk melawan dan membentengi diri dari pengaruh arus ideologi transnasional," tutupnya.

Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi dan Keanggotaan Sukur Nababan dalam paparannya menegaskan, bahwa TMP adalah ruang intelektual untuk para anak-anak muda Indonesia. 

Dalam sejarah berdirinya, kata Sukur, TMP dibentuk sebagai wadah bagi para anak-anak muda yang digembleng untuk menjadi kader militan, kader ideologis yang bekerja dengan mandiri dan dalam seluruh gerak organisainya menyentuh pada segmen anak muda. 

“Selain itu, kader TMP harus menjadi kader pelopor, kader yang mampu menjadi inisiator, menjadi model bagi para pemuda lainnya," " tegas Sukur. 

Menurut Sukur, menjadi kader TMP harus memahami ideologi dan mekanisme partai.  Selain itu, harus punya disiplin ideologi, disiplin organisasi, disiplin teori, disiplin program dan disiplin tindakan.

Kepada para kader TMP, Sukur menghimbau agar menghindari diskusi-diskuai yang berkepanjangan, justru harus melahirkan kegiatan yang positif yang mengarah kepada minat para anak muda.

“Melalui kaderisasi nasional ini kader TMP harus mampu menggerakan para pemuda, mampu melahirkan kegiatan-kegiatan yang kreatif," kata Sukur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement