Jumat 17 Dec 2021 06:04 WIB

Taruna Merah Putih Gelar Kaderisasi Nasional 2021

Taruna Merah Putih menggelar kaderisasi nasional 2021

Red: Agung Sasongko
Sekjen DPP TMP Restu Hapsari,
Foto:

Sementara itu, Burhannudin Muhtadi Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, menyampaikan bahwa  tren kondisi ekonomi rumah tangga saat ini diprediksi kuartal terakhir semakin positif, hal ini menunjukkan upaya pemerintah menangani resesi ekonomi semakin membaik. Hal tersebut disampaikan dalam paparannya terkait peta politik dan strategi pemenangan pemilu 2024 segmen anak muda milenial.

“Masyarakat akan menilai bahwa hal ini berangkat dari dukungan PDIP dan akan berdampak pada kepercayaan publik terhadap PDIP,” kata Burhannudin.

Selain itu, pada segmen sosial media, para pengguna media sangat kritis. Meskipun jumlahnya sedikit tetapi ketika mereka menguasai ruang media sosial maka ini akan sangat mengganggu persepsi publik.

Menurutnya, TMP yang organisasinya sangat solid, jika terus mengalami peningkatan dan pemetaan kaderisasi yang baik dengan menyasar pada kelompok milenial maka TMP akan menjadi ruang yang baik bagi para anak muda untuk belajar dan memahami poliitk.

Menanggapi fenomena para generasi milenial yang kian apolitis, Burhannudin menegaskan bahwa, makin meningkatnya kritisisme politik di kalangan pemuda harus segera diantisipasi. Bagaimanapun para pemuda adalah sumber kaderisasi terutama partai politik. Kalau partai gagal menarik minat pemuda untuk _politically enggaged_, maka partai sebagai garda demokrasi dan akan kesulitan melakukan regenerasi. Bila demikian, maka partai hanya akan semakin dikuasai oleh elit-elit tua.

“Karena itu, partai harus berbenah diri dengan menampilkan program-program yang menarik bagi anak muda. Visi kepemudaan harus diperlihatkan secara terang-benderang, termasuk menarik ikon-ikon kaum muda di pucuk pimpinan partai.

Menurutnya, partai perlu mempersiapkan proses regenerasi dan kaderisasi yang jelas, karena, jika jenjang politiknya jelas, maka akan menarik minat para pemuda untuk aktif di partai. 

“Jenjang karir politik juga harus diiperjelas, sehingga menawarkan intensif bagi pemuda untuk aktif di partai. Meritokrasi harus dikedepankan," pungkasnya. 

Memberikan arahan dalam penutupan Kaderisasi Nasional TMP 2021, Ketua Umum TMP Maruarar Sirait mengharapkan, agar para pengurus DPD dan DPC TMP dapat membentuk tim yang kuat, mendidik kader dengan benar dan bekerja dengan tulus. 

“Kita melahirkan pemimpin bukan pengikut. Sejak tahun 2008, awal generasi TMP, banyak dilahirkan para kader yang menjadi pemimpin. Hal ini karena para kader yang terlibat menyadari akan pentingnya karakter menokohkan satu sama lain. Buah dari kesadaran inilah melahirkan banyak pemimpin dari TMP," ungkapnya. 

Selain itu, Maruarar mengharapkan para ketua-ketua DPD dan DPC TMP menjadi figur-figur kuat di setiap daerahnya agar menjadi magnet bagi orang lain. 

“Dalam konteks kaderisasi dan strategi rekrutmen harus menyentuh banyak segmen, di antaranya, para pengusaha, atlit, artis dan lain sebagainya yang memiliki kesamaan ideologis. Kita bergerak maju, membuka ruang  bagi generasi muda untuk menjadi pemimpin," tegas Ara.

Politisi PDIP ini menambahkan, bahwa TMP akan terus berkoordinasi dengan partai, TMP terus bergotong royong membantu partai dan  TMP harus terus mensolidkan diri untuk bersama-sama mengawal kemenangan partai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement