Rabu 05 Jul 2023 20:36 WIB

Saudi-Rusia Kompak Pangkas Produksi Minyak, Abaikan Keberatan AS

AS kritik Saudi yang semakin erat bermitra dengan Rusia setelah invasi ke Ukraina.

Red: Ferry kisihandi
Seorang pria berjalan di bawah papan reklame yang menampilkan iklan raksasa minyak milik negara Arab Saudi Aramco dengan tulisan Arab
Foto:

Dalam pertemuan yang dihadiri pemimpin perusahaan minyak, menteri negara OPEC di Wina, Austria, ia menegaskan keputusan pada Senin lalu, tak hanya memangkas lebih banyak pasokan tetapi juga adanya validasi dari Rusia.  

OPEC menahan akses  reporter Reuters, Bloomberg, dan  Wall Street Journal untuk meliput, yang sebagian disiarkan daring. Setelah siaran daring itu selesai, Pangeran Abdulaziz OPEC+ akan melakukan apapun untuk menopang pasar, demikian sumber yang menghadiri pertemuan. 

Badan Energi Internasional menyatakan, pasar minyak akan mengetat pada paruh kedua 2023, sebagian karena pemangkasan produksi yang dilakukan OPEC+.

Analis di Morgan Stanley, Rabu memangkas perkiraan harga minyak. Menurut mereka, stok minyak menurun pada 2023 tetapi mereka memperkirakan surplus pada paruh pertama 2024. Ini disebabkan suplai negara non-OPEC lebih cepat dibandingkan permintaan. 

Menteri Energi Uni Emirat Arab Suhail Al Mazrouei menyatakan, pengurangan produksi minyak mestinya cukup untuk membantu keseimbangan di pasar. ‘’Pemangkasan terakhir cukup untuk membuat pasar seimbang,’’ katanya. 

Ia menambahkan, negaranya tak ikut mengurangi produksinya karena saat ini sudah memenuhi kapasitas produksi idealnya. ‘’Kami akan mengundang investor mungkin para pendatang baru.’’

Menurut Mazrouei, semakin banyak negara yang tertarik berinvestasi di UEA maka akan membuat banyak lapangan pekerjaan, juga kelak dunia memiliki cadangan minyak yang cukup. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement