Selasa 23 Jul 2024 15:16 WIB

Semeru Erupsi, Merapi Keluarkan Awan Panas: Terungkap Misteri Ayat Gunung Api dalam Quran

Terjadinya gempa bumi hingga meletusnya gunung tak lepas dari kebesaran Allah.

Red: A.Syalaby Ichsan
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Ahad (21/7/2024). Menurut data BPPTKG periode pengamatan 21 Juli 2024 pukul 00.00 - 24.00 WIB Gunung Merapi yang berstatus siaga (level III) itu mengalami 31 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.600 meter ke arah barat daya.
Foto:

Dalam Tafsir al-Mishbah, Prof Quraish Shihab menjelaskan bahwa lapisan padat kerak bumi dapat mencapai ketebalan sekitar 60 kilometer. Lapisan itu dapat meninggi sehingga membentuk gunung-gunung atau menurun menjadi dasar lautan dan samudera.

Keadaan itu dinilai dapat menimbulkan keseimbangan akibat tekanan yang dihasilkan oleh gunung-gunung yang terpasak di bumi. Keseimbangan tersebut  tidak mengalami kerusakan kecuali jika gunung-gunung musnah.

Menurut  Quraish, lapisan kerak bumi yang basah akan dikuatkan oleh gunung-gunung sebagaimana pasak yang menguatkan kemah.

Hikmah meletusnya gunung

Pakar ilmu Alquran KH Ahsin Sakho menjelaskan, adanya bencana di alam semesta merupakan pengingat. Bencana jika dilihat dari sisi kerusakan yang diakibatkannya, tentu saja tidak baik. Namun jika bencana gunung meletus itu menimpa orang Muslim dan dia mati karenanya, maka matinya tergolong syahid.

“Percaya bahwa ini adalah ujian, cobaan, dan juga pengingat dari Allah SWT. Bencana alam adalah peringatan agar kita dari waktu ke waktu harus selalu ingat dan siap sedia dalam menerima takdir Allah, dan harus sabar,” kata Kiai Ahsin.

Kiai Ahsin menjelaskan, bencana alam yang datang menimpa kepada manusia merupakan salah satu cara bagi Allah untuk memberikan peringatan dan pengujian kepada hamba-hamba-Nya.

Apakah dengan datangnya musibah seseorang masih akan tetap beriman, lepas beriman, atau justru semakin bertambah keimanannya.

photo
Waspadai Bahaya Lahar di Gunung Semeru - (Antara)

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement