Kamis 25 Jul 2024 07:25 WIB

Merapi Muntahkan Lava Pijar, Semeru Erupsi, dan Hikmah Gunung dalam al-Ghasyiyah 19

Gunung Merapi dan Semeru berikan banyak manfaat kepada orang-orang sekitar.

Red: Erdy Nasrul
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Srumbung, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/2/2024).
Foto:

Di balik aktivitas gunung yang menjadi bencana, ternyata ada banyak manfaat gunung yang dijelaskan langsung oleh Allah, seperti dalam Surah al-Ghasyiyah ayat 19 berikut ini,

وَإِلَى ٱلْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ

Wa ilal-jibāli kaifa nuṣibat

Gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?

Ulama penafsir Alquran Abdurrahman as-Sa'di menjelaskan sebagai berikut:

Allah menciptakan gunung dalam bentuk yang begitu indah. Dengan adanya gunung, bumi bisa tenang dan kokoh tidak berguncang. Di dalamnya Allah menyimpan begitu banyak manfaat.

“Kemudian bumi bagaimana ia dihamparkan,” yaitu dibentangkan secara luas agar manusia merasa tenang berada di atasnya dan bisa mengolahnya untuk bercocok tanam, membuat bangunan dan menempuh jalan-jalan di atasnya.

Dengan adanya gunung yang mengakar hingga ke dalam, bumi menjadi stabil. Manusia dapat beraktivitas dan merasakan ketenangan. Maksudnya adalah hidup membangun kebahagiaan dengan bersosialisasi dan aktualisasi diri.

Mereka mengolah bumi semisal dengan bercocok tanam dan menghasilkan karya kreatif. Kemudian semua itu dihasilkan menjadi alat jual beli dan konsumsi masyarakat. Mereka mendapatkan keuntungan yang meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan.

Selain itu, muntahan gunung juga bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Banyak orang membuat konstruksi bangunan dan infrastruktur yang bermanfaat untuk tempat tinggal dan sarana umum.

Dengan segala kebaikan yang Allah berikan melalui gunung, manusia dan makhluk lainnya mengambil manfaat dan beraktivitas dengan riang gembira di sekitar gunung.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement