Jumat 26 Jul 2024 05:35 WIB

Mantan Intel Israel: Hamas Jauh dari Kata Kalah

Sejumlah tentara Israel terluka dalam berbagai serangan di Tepi Barat dan Gaza.

Red: Fitriyan Zamzami
Peti mati tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza saat dibawa saat pemakamannya di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024.
Foto:

Komando dan pasukan terjun payung bertempur melawan pejuang Palestina di Khan Younis pada Rabu ketika unit Hamas menargetkan kendaraan lapis baja Israel dengan alat peledak improvisasi (IED) yang “sangat mematikan” pada tiga kesempatan di daerah Bani Suheila di kota selatan, laporan pemantau perang.

Institut Studi Perang (ISW) dan Proyek Ancaman Kritis (CTP) mengatakan bahwa Hamas terus menggunakan “penetrator yang bersifat eksplosif” yang sulit diproduksi untuk melawan kendaraan lapis baja Israel. Ini menunjukkan bahwa Hamas masih menyimpan persediaan senjata tersebut bahkan setelah empat bulan pertempuran di Israel.

Pejuang Palestina di Bani Suheila di Khan Younis juga menyerang pasukan Israel dengan granat berpeluncur roket dan mortir pada Rabu, menurut laporan lembaga pemikir pertahanan yang berbasis di AS.

Pertempuran di dekat kota Rafah terus berkecamuk, termasuk peledakan sebuah bangunan jebakan di area kamp pengungsi Yibna ketika pasukan Israel berada di dalamnya. Roket juga ditembakkan dari Gaza menuju sasaran militer di Israel selatan, laporan ISW/CTP.

Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas kemarin melansir, mereka menghancurkan sebuah pengangkut personel lapis baja Zionis dengan alat peledak Shuath, membakarnya di tengah Bani Suheila, sebelah timur kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

“Brigade al-Qassam menargetkan tank Zionis dengan peluru Al-Yassin 105 di kota Bani Suheila, sebelah timur kota Khan Younis di selatan Jalur Gaza. Mereka juga mengeklaim menghancurkan tank Merkava Zionis dengan alat peledak Shuath di kota Bani Suheila, sebelah timur kota Khan Younis.

Sekembalinya mereka dari misi tempur, pejuang al-Qassam melaporkan menargetkan tank Merkava 4 dan buldoser D9 Zionis dengan dua peluru Al-Yassin 105 dan terlibat dalam bentrokan dengan pasukan infanteri di dekatnya, menyebabkan kematian dan cedera di antara mereka di dekat Masjid al-Awda di kota Rafah, Jalur Gaza selatan.

“Setelah mereka kembali dari misi tempur mereka, pejuang kami melaporkan ledakan sebuah rumah yang telah dipasang sebelumnya oleh pasukan Zionis, menewaskan dan melukai anggotanya, di kamp Yabna di Rafah, Jalur Gaza selatan.”

Sedangkan Brigade al-Quds dari Jihad Islam Palestina melansir, mereka membombardir tentara dan kendaraan musuh di poros depan timur laut Khan Younis dengan rentetan mortir reguler kaliber 60. “Kami membombardir tentara dan kendaraan musuh Zionis di jalur pasokan di poros Netzarim dengan mortir.”

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement