Rabu 31 Jul 2024 19:08 WIB

Bagaimana Ismail Haniyeh Dibunuh di Teheran, Benarkah AS Terlibat?

Sejumlah misteri masih menyelimuti kematian Ismail Haniyeh di Teheran.

Red: Fitriyan Zamzami
Anggota Dewan Universitas Teheran menghadiri protes untuk mengutuk pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, di Universitas di Teheran, Iran, Rabu, 31 Juli 2024.
Foto:

Mojtaba Amani, duta besar Iran untuk Lebanon, mengatakan Iran masih mempelajari rincian terkait pembunuhan Haniyeh. “Mengenai posisi Iran terhadap pembunuhan Haniyeh – hanya beberapa jam telah berlalu antara sekarang dan pembunuhan tersebut. Kami perlu menindaklanjuti banyak hal – dan kami belum bisa mengambil keputusan akhir,” kata Amani kepada wartawan di Beirut.

“Semua rincian politik, termasuk serangan kemarin di Beirut selatan, sedang dibahas,” kata diplomat itu, merujuk pada serangan Israel di pinggiran ibu kota Lebanon yang bertujuan membunuh komandan tertinggi Hizbullah Fuad Shukr.

BACA JUGA: Tafsir Surat Ali Imran Ayat 169-170: Gembiranya Orang yang Mati Syahid

Sedangkan  editor pertahanan Aljazirah Alex Gatopoulos mengatakan intelijen yang digunakan untuk menemukan dan membunuh Haniyeh “menunjukkan kemungkinan bantuan AS”. “Intelijen adalah kuncinya. Senjata apa pun di dunia ini hanya akan berguna jika kecerdasan yang memandunya. Itu bisa seakurat yang diinginkan,” kata Gatopoulos.

Intelijen teknis akan memberikan lokasi, “sesuatu yang harus mereka tindak lanjuti dengan cepat… [AS] jelas memiliki sarana dan kemampuan untuk mengumpulkan informasi intelijen semacam ini,” katanya.

Mossad dan pembangkang Iran digunakan untuk mendapatkan informasi di lapangan, tambahnya. “Cara kematiannya hampir tidak relevan karena intelijanlah yang memandunya.”

Wadie Said, seorang profesor hukum di Fakultas Hukum Universitas Colorado, menggambarkan serangan terhadap Shukr Hizbullah di Beirut dan Haniyeh Hamas di Teheran sebagai “rangkaian peristiwa yang sangat berbahaya”.

Halaman selanjutnya...

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement