Jumat 09 Aug 2024 00:29 WIB

Di INSISTS Camp, Prof Hamid Fahmy Bicara Penanaman Worldview di Keluarga

INSISTS akan terus gelar program untuk bangkitkan tradisi keilmuan.

Red: Erdy Nasrul
Rektor Unida Gontor Prof Hamid Fahmy Zarkasyi berbicara tentang worldview dalam program INSISTS Camp
Foto:

Jelang waktu Maghrib, para peserta kembali berkumpul di Onion Hall untuk menunaikan shalat berjamaah. Setelah mengimami jamaah, Ustaz Asep memberikan sedikit tausiyah dengan tajuk “Alquran dan Keluarga”. Dalam kesempatan ini, Ustaz Asep menekankan pentingnya mendekatkan para anggota keluarga dengan Alquran sehingga mampu menghambakan diri secara kaffah kepada Allah Sang Pencipta. Usai tausiyah dan disambung dengan shalat Isya berjamaah, para peserta menikmati hidangan makan malam sembari bercengkerama dan diskusi hangat di antara mereka.

Kegiatan inti yang berlangsung pada malam harinya adalah Special Talk bersama Prof. Hamid Fahmy Zarkasyi. Dalam sesi tersebut, Prof Hamid membawakan tema “Menanamkan Worldview Islam dalam Keluarga”. Prof Hamid menjelaskan pentingnya worldview Islam bagi setiap anak dan orang tua karena menjadi fondasi utama dalam membentuk cara berpikir, keyakinan, hingga tingkah laku seseorang. Prof Hamid juga menjabarkan secara rinci bagaimana tahapan-tahapan untuk menanamkan worldview Islam dalam mendidik anak; dimulai dari usia 5-13 tahun yang berfokus pada aspek amal, kemudian periode remaja dan dewasa awal yang lebih didominasi oleh aspek ilmu, serta fase dewasa lanjutan yang harus dipadukan secara seimbang antara aspek ilmu-iman-amal.

Kegiatan hari kedua, Ahad (4/8), diawali dengan shalat Shubuh berjamaah kemudian Kajian Ba’da Shubuh oleh Prof Hamid dengan tajuk “Dari Syariah Membangun Dzurriyyah Thayyibah”. Prof Hamid menguraikan bahwa ibadah-ibadah yang disyariatkan di rukun Islam tidak hanya bermakna ritual menggugurkan kewajiban saja, tetapi memiliki sisi-sisi penyucian jiwa atau tazkiah al-nafs. Dengan mengamalkan syariah secara ideal bahkan mencapai derajat ihsan, tentu akan menjadikan anak-anak sebagai dzurriyyah yang shalih dan shalihah serta senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.

Sebagai rentetan akhir kegiatan INSISTS Camp, setelah sarapan bersama para peserta mengikuti penutupan acara yang dilangsungkan pada pukul 09.00 WIB. Dalam acara tersebut para peserta saling berbagi kesan mereka selama mengikuti seluruh kegiatan. Acara kemudian disusul dengan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba konten Instagram yang ditujukan sebagai syiar untuk acara ini. Setelah penutupan, acara diakhiri dengan sesi perfotoan bersama dan saling berpamitan antara peserta untuk kemudian melanjutkan perjalanan masing-masing.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement