Senin 29 Jun 2015 23:03 WIB

Pelaku Penembakan Tunisia tidak Bekerja Sendiri

Korban penembakan di sebuah resor di Sousse, Tunisia, Jumat (26/6).
Foto: reuters
Korban penembakan di sebuah resor di Sousse, Tunisia, Jumat (26/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TUNIS -- Pelaku penembakan di sebuah resor di kota Sousse, Tunisia tidak bekerja sendiri.

Dikutip dari BBC, Ahad (28/6), juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tunisia Mohamed Ali Aroui mengatakan otoritas yakin pelaku Seifeddine Rezgui mendapatkan bantuan.

Penyelidik Tunisia meyakini orang yang membantunya menyediakan senapan Kalashnikov untuk Rezgui dan membantunya menuju lokasi. Aroui menambahkan polisi telah meminta keterangan ayah Rezgui dan tiga rekan sekamarnya.

Tetangga dan kerabat Rezgui di kampung halamannya di Gaafour menyatakan mereka syok atas aksi Rezgui.

"Siapa yang bisa membayangkan dia bisa melakukan teror? ujar pamannya Ali Rezgui kepada Reuters.

Rezgui melakukan penembakan yang sengaja menyasar turis asing. Dalam tragedi itu sedikitnya 30 turis Inggris meninggal dunia.

Kelompok fanatik ISIS menyatakan sebagai dalang aksi tersebut. Kelompok ini menyebut Rezgui sebagai Abu Yahya al-Qayrawani.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement