Kamis 26 Aug 2021 12:45 WIB

Oknum Youtuber Serang Islam, Bagaimana Muslim Bersikap?

Keluhuran nilai Islam tidak akan berkurang meski dihina siapa pun.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Oknum Youtuber Serang Islam, Bagaimana Muslim Bersikap?
Foto:

Berhati-hati berdebat 

Allah SWT telah mengingatkan dalam Alquran, bahwa ada sekelompok orang yang akan mempelajari Islam untuk mencari kelemahannya. Beberapa bahkan awalnya mengaku sebagai Muslim yang akhirnya keluar dari Islam (murtad).

Orang-orang seperti ini sudah ada sejak masa Rasulullah SAW. Namun, Islam justru terus berkembang menjadi salah satu agama dengan umat terbanyak hingga saat ini. 

Firman Allah SWT dalam Alquran yang artinya:

“Segolongan (lain) dari Ahli Kitab berkata (kepada sesamanya): "Perlihatkanlah (seolah-olah) kamu beriman kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang beriman (sahabat-sahabat Rasul) pada permulaan siang dan ingkarilah ia pada akhirnya, supaya mereka (orang-orang mukmin) kembali (kepada kekafiran).” (QS.Ali-Imran: 72)

Ibn Al-Qayyim rahimahullah mengatakan dalam bukunya Miftaah Daar As-Saʻaadah:

“Syekh Ibn Taymiyyah RA, ketika saya mulai melaporkan kesalahpahaman satu demi satu kepadanya, beliau berkata kepadaku, 'Jangan biarkan hatimu menjadi seperti spons untuk semua keraguan yang berlalu begitu saja sehingga menyerapnya. Sebaliknya, biarlah seperti kaca padat, keraguan melewatinya tetapi jangan menetap di dalamnya.  Demikianlah dia akan melihat mereka dengan kejernihannya dan menangkis mereka dengan keteguhannya. Kalau tidak, jika Anda membiarkan hati Anda menyerap setiap keraguan yang lewat, itu akan menjadi tempat menetap untuk semua kesalahpahaman dan keraguan..”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement