Rabu 02 Aug 2023 21:08 WIB

Sosok Perempuan Hebat di Balik Tumbangnya Tiran dan Singgasana Firaun

Asiah adalah perempuan di balik revolusi Mesir era Firaun

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Asiah istri Firaun. Asiah adalah perempuan di balik revolusi Mesir era Firaun
Foto:

Mungkin dia duduk di samping tempat tidurnya ketika dia masih kecil dan menggumamkan kepadanya kisah tentang bagaimana dia dibawa ke pelukannya, Sungai Nil menyimpan keranjang yang membawa hadiah tak terduga berupa seorang putra.

 

Mungkin dialah yang menjawab pertanyaannya tentang mengapa dia tidak terlihat seperti anak-anak lain, mengapa dia membawa cap Bani Israil di wajahnya, dan mengapa dia masih hidup dan aman di istana Firaun setiap tahun. Tanah menjadi saksi pembantaian bayi laki-laki dan sungai dibanjiri air mata ibu mereka.

Mungkin hatinya hancur setiap kali dia menatap anak laki-laki yang menjadi kesejukan matanya, mengingat bahwa hampir-anak kesayangannya hampir saja menjadi salah satu dari anak-anak yang dibantai itu. 

Baca juga: Panji Gumilang Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Penistaan Agama dan Langsung Ditahan

Mungkin dia mengatakan kepadanya, suaranya bergetar karena emosi, bahwa satu-satunya kekuatan yang dia miliki untuk menghentikan haus darah suaminya terletak pada saat dia menggendong bayi Musa dan memohon kepada Firaun untuk, sekali saja, menyelamatkan nyawa yang tidak bersalah.

Tidak diragukan lagi bahwa dia lebih menghargainya untuk itu. Tidak diragukan lagi bahwa dalam satu momen keberanian yang tak terbayangkan dalam menghadapi pembunuhan, Asiah mengajari Musa apa artinya berdiri melawan ketidakadilan.

Adalah Asiah, lebih dari siapa pun, yang tahu bahwa sikap diam dan kelambanan dari mereka yang berada dalam posisi berpengaruh hanya akan menimbulkan lebih banyak kengerian.

Adalah Asiah yang membesarkan Musa: seorang ratu yang membesarkan seorang Nabi,  seorang wanita yang mengangkat salah satu revolusioner terbesar yang pernah dikenal dunia.     

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement