Kamis 12 Oct 2023 08:27 WIB

Deretan Negara yang Ramai-Ramai Pulangkan Warganya dari Palestina-Israel

Sejumlah negara mengatur penerbangan sewaan dan skema repatriasi warganya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Beberapa negara telah mempersiapkan pemulangan warga negaranya dari Palestina dan Israel.
Foto:

ITALIA

Italia telah mengatur tujuh penerbangan antara Selasa hingga Rabu. Kementerian Luar Negeri Italia  menyatakan, penerbangan ini sebagai bagian dari upaya untuk memulangkan sekitar 900 warga Italia dari Israel.

NORWEGIA

Norwegia Air mengatakan pada Rabu, bahwa pihaknya mengatur penerbangan tambahan dari Tel Aviv ke Oslo untuk warga Norwegia dan Nordik lainnya yang masih berada di Israel. Waktu keberangkatan sementara untuk penerbangan tersebut dilakukan pada Rabu malam.

POLANDIA

Presiden Polandia Andrzej Duda, negara itu akan mengirim pesawat militer untuk mengevakuasi warganya dari Israel. Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak mengatakan, Polandia mengirimkan dua pesawat Hercules C-130 untuk mengevakuasi sekitar 200 warga Polandia dari Bandara Ben Gurion.

PORTUGAL

Sebuah pesawat mendarat di Lisbon pada Rabu pagi membawa 152 warga negara Portugal, ditambah 14 warga negara Eropa lainnya, termasuk sembilan dari Spanyol. Menteri Luar Negeri Portugal Joao Gomes Cravinho menyatakan, empat warga negara Portugal terakhir yang ingin dipulangkan akan tiba pada Kamis dini hari, bersama 20 warga negara asing yang telah dibawa ke Siprus dan akan kembali ke Portugal dengan pesawat C-130 pada malam hari.

KOREA SELATAN

Sebuah pesawat yang membawa 192 warga Korea Selatan dari Tel Aviv tiba di Bandara Incheon pada Rabu. Korean Air sebelumnya mengirimkan pesawat kosong untuk membawa mereka pulang.

SPANYOL

Pejabat Menteri Pertahanan Margarita Robles mengatakan, Spanyol telah mengirim dua pesawat militer ke Israel untuk mengevakuasi sekitar 500 warga Spanyol. Sebuah Airbus A330 milik Angkatan Udara Spanyol yang membawa lebih dari 200 warga Spanyol, warga negara Uni Eropa. dan warga negara dari negara ketiga yang tinggal di Spanyol.

Pesawat ini mendarat di pangkalan militer Torrejon de Ardoz di pinggiran Madrid pada Rabu pagi. Pesawat militer kedua sedang menuju Tel Aviv untuk mengevakuasi warga Spanyol yang tersisa di Israel pada Rabu dan diperkirakan akan mendarat di Spanyol pada hari berikutnya.

SWEDIA

Kantor berita TT melaporkan pada Rabu, mengutip Menteri Luar Negeri Tobias Billstrom, pemerintah Swedia akan menawarkan untuk mengevakuasi warga Swedia dari Israel dan wilayah Palestina.

SWISS

Warga negara Swiss dibawa kembali dari Israel ke Zurich pada Selasa. Pemerintah memerintahkan penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai SWISS.

THAILAND

Perdana Menteri Srettha Thavisin mengatakan pada Senin, evakuasi akan segera dimulai bagi warga negaranya. Kelompok pertama yang terdiri dari 15 warga Thailand, beberapa di antaranya terluka, akan tiba menggunakan pesawat komersial pada Rabu.

AMERIKA SERIKAT

Delta Air Lines mengatakan pada Senin, bahwa pihaknya bekerja sama dengan pemerintah AS jika diperlukan untuk membantu repatriasi warga AS, yang ingin kembali ke negaranya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement