Kamis 11 Jul 2024 10:32 WIB

Arab Saudi Jor-joran Renovasi Tiga Istana Raja Jadi Hotel Ultra Mewah

Istana Merah adalah bangunan beton pertama di Riyadh.

Red: Ani Nursalikah
Eksterior batu dan atap biru dengan taman besar dan kolam renang Istana Al Hamra. Istana kerajaan di seluruh Arab Saudi sedang dalam proyek renovasi dan restorasi.
Foto:

Selama bertahun-tahun, Arab Saudi menjadi tuan rumah bagi berbagai presiden negara-negara Arab dan Islam hingga tokoh internasional, termasuk Richard Nixon, mantan presiden Prancis Jacques Chirac, Putri Diana, dan Raja Charles III dari Inggris.

Istana Tuwaiq, menghadap Wadi Hanifa, terletak di Kawasan Diplomatik Riyadh. Dirancang oleh Atelier Frei Otto bekerja sama dengan Buro Huppold dan Omrania, gedung ini dibuka pada 1985 dan menerima Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 1998.

“Salah satu landmark arsitektur paling dikagumi di Riyadh, desainnya menggabungkan elemen benteng gurun yang ikonik dan tenda Badui, dengan pengaruh estetika tradisional dari wilayah Najd tengah,” menurut De Cocinis.

Istana Merah di Riyadh dibangun pada 1943 oleh pendiri Arab Saudi, Raja Abdulaziz untuk putranya, Putra Mahkota Saud. Dibangun tak lama setelah penemuan minyak di Kerajaan, Istana Merah adalah bangunan beton pertama di Riyadh yang bercirikan motif desain Art Deco.

photo
Istana Tuwaiq, menghadap Wadi Hanifa, terletak di Kawasan Diplomatik Riyadh. - (Boutique Group)

Perlakuan Kerajaan

Menurut De Cocinis, Boutique Group berupaya memperkaya sektor budaya Kerajaan sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan industri pariwisata negara dan perekonomian yang lebih luas.

Sektor pariwisata Arab Saudi mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kerajaan tersebut telah melampaui target visinya pada 2030, yaitu 100 juta pengunjung tujuh tahun lebih awal.

“Dengan membangun kembali istana-istana luar biasa ini menjadi hotel-hotel ultra-mewah, kami memberikan kehidupan baru ke dalamnya, menjadikannya dapat diakses oleh generasi baru wisatawan yang cerdas, dan menawarkan jendela ke dalam budaya Arab Saudi yang luar biasa,” kata CEO tersebut kepada Al Arabiya.

Selanjutnya...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement