Selasa 16 Jul 2024 17:57 WIB

Ironi Spanyol, Rasisme Marak di La Liga, tapi Juara Eruo 2024 Berkat Pemain Kulit Hitam

Lamine Yamal dan Nico Williams jadi tulang punggung Spanyol di Euro 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Spanyol Lamine Yamal.
Foto:

Dia memuji bintang Spanyol berusia 17 tahun Lamine Yamal, yang berkulit hitam, dengan ayahnya berasal dari Maroko sementara ibunya lahir di Guinea Khatulistiwa.

“Kami melihat masalah rasisme (yang sedang berlangsung). Lamine Yamal akan menentukan sebuah era karena orang-orang di Spanyol terdiri dari berbagai warna kulit,” kata Borja.

Selain Yamal, ada Nico Williams. Penyerang yang lahir dari orang tua imigran asal Ghana mencetak gol ke gawang Inggris di final. 

Williams pernah mengalami pelecehan rasial oleh pendukung Atletico Madrid di La Liga. Federasi Sepak Bola Spanyol kala itu menghukum Los Colchoneros dengan denda. Di Euro 2024, Willimas menjadi man of the match laga final.

Sementara Yamal pernah kena pelecehan rasial oleh pandit salah satu stasiun TV di Spanyol. Sampai-sampai pihak Barcelona tak mau lagi berbicara dan diundang di stasiun TV tersebut. Di Euro 2024, Yamal menjadi pemain muda terbaik turnamen. 

Berdiri di balkon dan trotoar yang ramai, para penggemar yang bersemangat, banyak dari mereka adalah anak-anak. Beberapa yang telah melakukan perjalanan dari tempat yang jauh di Spanyol, melambai kepada para pemain yang mengenakan kaus putih bertuliskan "Raja Eropa" disertai dengan angka empat yang besar. Ini menandai total koleksi juara Piala Eropa keempat Spanyol.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas upaya Anda dan cara Anda bermain, dengan kegembiraan Anda melakukannya,” kata Raja Spanyol Felipe VI kepada tim dalam sebuah upacara di istananya, didampingi oleh Ratu Letizia dan kedua putrinya yang mengenakan seragam nasional.

“Kegembiraan seperti ini baik bagi kami,” ujar dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2024 (@euro2024)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement