Rabu 24 Jul 2024 08:10 WIB

Saat China Mediasi Faksi Palestina, Amerika Justru Terus Membela Israel

Keterlibatan China memberikan alternatif baru bagi Palestina keluar dari pengaruh AS.

Rep: Thr/Kamran/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri China Wang Yi
Foto:

Bagi Hamas, diskusi yang didukung Tiongkok memberinya platform langka untuk berpartisipasi dalam forum internasional.

“Hamas menerima undangan untuk mematahkan isolasi internasional yang diberlakukan oleh Washington dan sekutunya, yang menuduhnya melakukan terorisme,” kata Shawamreh.

"Undangan Tiongkok ke Hamas membuka jalan bagi Hamas untuk berkomunikasi secara internasional dengan pesaing Washington,” katanya, seraya menambahkan bahwa Beijing mengabaikan permintaan Israel untuk menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris.

Tiongkok menginginkan 'tatanan global baru'

Diskusi persatuan Palestina adalah upaya terbaru Beijing dalam memainkan peran dalam mediasi di wilayah tersebut. China juga menjadi tuan rumah pembicaraan tahun lalu yang mengarah pada pemulihan hubungan antara Iran dan Arab Saudi.

“Tiongkok telah lama menganjurkan tatanan global baru dan tata kelola global, yang bertujuan untuk mengurangi pengaruh AS di panggung global,” Sari Arho Havren, pakar hubungan luar negeri Tiongkok, mengatakan kepada MEE.

“Tiongkok juga mengupayakan peran yang lebih menonjol dalam politik internasional dan memposisikan dirinya sebagai pembawa perdamaian dan alternatif yang layak bagi AS. Hal ini terbukti dalam tindakannya di Timur Tengah, di mana mereka bersekutu dengan pihak-pihak yang menentang AS dan sekutunya.”

Andrea Ghiselli, kepala peneliti di Proyek ChinaMed TOChina Hub, mencatat bahwa semakin besarnya pengaruh Tiongkok di kawasan ini tidak semuanya disebabkan oleh tindakan Beijing sendiri.

“Saat ini terdapat konvergensi yang belum pernah terjadi sebelumnya antara kepentingan, tujuan, dan narasi Tiongkok dengan sebagian besar pemimpin di Timur Tengah,” katanya kepada MEE.

“Jika menyangkut Gaza, jelas bahwa mendukung Palestina adalah sebuah posisi yang sulit digambarkan sebagai sikap unik Tiongkok karena banyak orang di kawasan ini dan di seluruh dunia, baik di Dunia Selatan maupun Dunia Utara, memiliki keyakinan sama.”

Tiongkok memanfaatkan hal ini, kata Ghiselli, dengan tujuan mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan Washington. 

Isi kesepakatan

Seperti diketahui, Pemerintah China telah berhasil menjadi mediator bagi 14 faksi Palestina, termasuk Hamas dan Fatah, untuk menandatangi 'Beijing Declaration', yakni sebuah perjanjian rekonsiliasi nasional Palestina. Deklarasi itu diteken setelah perwakilan masing-masing faksi bertemu dan melakukan perundingan selama tiga hari di Beijing.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement