Sabtu 09 Sep 2023 16:45 WIB

Tiga Peristiwa Penting di Bulan Rabiul Awal

Rabiul awal merupakan bulan ketiga dalam kalender Islam.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Tiga Peristiwa Penting di Bulan Rabiul Awal. Foto:  Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto:

Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Saat itu kaum muslimin berbaris shalat fajar, Nabi saw mengangkat tirai kamarnya dan melihat manusia saat mereka berdiri di hadapan Rabbnya, beliau ingin melihat bagaimana buah tertanamnya dakwah dan jihad beliau, beliau ingin melihat bagaimana orang-orang menjaga kewajiban shalat, baik Nabi mereka masih ada ataupun sudah tiada nantinya.

Beliau merasa senang melihat pemandangan indah itu, melihat keberhasilan yang tidak bisa dicapai oleh seorang Nabi sebelumnya. Beliau yakin hubungan umat ini dengan agama dan ibadah telah menjadi hubungan yang berlanjut tanpa terhenti oleh kematian Nabi saw. Rasulullah dipenuhi rasa gembira dimana hanya Allah saja yang tahu, wajah beliau menyemburatkan cahaya yang terang.

Para sahabat mengisahkan, "Rasulullah menyingkap tirai kamar Aisyah, beliau menatap ke arah kami, beliau berdiri sementara wajah beliau seperti lembaran mushaf, setelah itu beliau tersenyum merekah, kami tahu kalau Nabi sedang merasa senang, kami mengira bahwa beliau akan keluar untuk melaksanakan shalat, kemudian beliau memberi isyarat kepada kami untuk melanjutkan shalat, setelah itu beliau kembali masuk kamar dan menutup tirai. Setelah itu para sahabat pergi untuk mengurus pekerjaan masing-masing, Abu Bakar memasuki kediaman putrinya Aisyah dan berkata, 'Aku lihat Rasulullah sudah sembuh'. Setelah menjenguk Rasulullah  saw, Abu Bakar pun mengendarai kudanya kembali ke rumah.

Ternyata sakit yang derita Rasulullah semakin bertambah, maka masuklah Usamah bin Zaid ke rumah beliau, beliau hanya diam dan tidak bisa berkata apa-apa, beliau mengangkat tangan ke langit, Usamah tahu bahwa beliau mendoakannya.

Kemudian Aisyah menopang Rasulullah, ia sandarkan beliau. Lalu Abdurrahman bin Abu Bakar masuk, di tangannya membawa siwak, Rasulullah melihat siwak itu, lalu Aisyah berkata,'Apakah engkau ingin aku ambilkan siwak itu?' Rasulullah berisyarat dengan kepalanya,'Ya’ Kemudian diambillah siwak itu dari saudaranya, setelah itu ia kunyah dan lembutkan siwak itu kemudian diberikannya kepada Nabi beliau bersiwak dengan cara siwak yang terbaik, di sela-sela itu beliau tiada hentinya mengucapkan, “Bersama golongan para Nabi”

Beliau memasukkan tangan ke dalam ember kemudian diusapkan diwajah seraya berkata,"La Ilâha Illallâhsungguh kematian itu pasti ada masa sulitnya." Beliau menengadahkan tangan lalu berdoa, "Bersama golongan para Nabi." Hingga beliau wafat dan tangan beliau miring. Riwayat lain menyebutkan Nabi berdoa, "Ya Allah bantulah aku untuk menghadapi sakaratul maut.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement