Selasa 11 Jun 2024 05:04 WIB

Mirip Harun Masiku, Putra Abu Jahal Ini Jadi Buronan Saat Zaman Rasulullah

Ikrimah bin Abu Jahal menjadi buronan setelah fathu Makkah

Red: A.Syalaby Ichsan
 Ikrimah dikenal sebagai pemuda Quraisy yang gagah berani dan seorang penunggang kuda yang mahir.
Foto:

Dalam Perang Badar, Abu Jahal termasuk yang tewas saat sedang menghadapi pasukan Muslimin. Sejak itu, bertambah besarlah kebencian Ikrimah terhadap Rasulullah SAW dan Islam.

Sepulang dari Perang Badr, Ikrimah tidak henti menyemangati penduduk Makkah agar siap-siap membalaskan dendam. Kesempatan datang dengan adanya Perang Uhud. Bersama istrinya, Ummu Hakam, Ikrimah terus menguatkan mental keras orang-orang Quraisy. Awalnya, tanda-tanda kemenangan berpihak pada pasukan Islam. Kelompok yang dipimpin Ikrimah bahkan ikut terpukul mundur.

Namun, sekelompok pasukan musyrikin yang dipimpin Khalid bin Walid sukses memanfaatkan kelengahan pasukan Muslimin yang berjaga di bukit-bukit Uhud. Seketika, keadaan berbalik. Rasulullah SAW dan umat Islam terpojok oleh serangan balik yang dimulakan Khalid dan kawan-kawan.

Perang Uhud ini menjadi kekalahan yang menyakitkan bagi Islam. Banyak pejuang Muslim yang gugur. Rasulullah SAW sendiri mengalami luka-luka yang cukup parah. Bagi Ikrimah, inilah momentum pelampiasan dendam atas kematian ayahnya.

Dalam beberapa perang berikutnya, sikap Ikrimah tidak berubah. Saat Perang Khandaq terjadi, orang-orang Quraisy tidak menyangka bahwa kaum Muslim Madinah menggunakan strategi khas Persia yang belum pernah mereka jumpai.

Tidak ada jalan lain kecuali menunggu di seberang parit (khandaq) yang telah kaum Muslim bangun untuk melindungi Madinah dari gempuran. Pasukan musyrikin tidak melihat celah. Bagi Ikrimah, terus mengepung Madinah adalah taktik yang sangat menjemukan.

Dengan persiapan yang belum matang, putra Abu Jahal ini kemudian berupaya menembus blokade parit untuk masuk ke Madinah. Namun, upaya ini sia-sia. Ikrimah bahkan terpaksa lari tunggang-langgang untuk menghindari hujan anak panah yang dilesakkan pasukan Muslim.

Peristiwa Fathu Makkah...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement