Kamis 11 Jul 2024 15:01 WIB

Saudi Bela Rusia, Ini Kekuatan Kedua Negara yang Jadi Momok Barat

Saudi dan Rusia merupakan dua negara eksportir minyak terbesar di dunia.

Red: Teguh Firmansyah
Presiden Rusia Vladimir Putin bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di Kremlin Moskow pada 2017
Foto:

Arab Saudi berupaya menjadi pemimpin dan poros di wilayah yang lebih luas dan menggunakan peran ini untuk mendapatkan kursi di meja global sebagai perwakilan Timur Tengah yang terhubung secara ekonomi dan stabil.

Di tingkat global, aksiisme oportunistik Riyadh telah membangun hubungan transaksional dengan berbagai pemain global sejalan dengan berbagai kepentingan dan kerentanan Saudi.

Arab Saudi diketahui memiliki kekuatan ekonomi yang besar. Salah satu penopang kekuatan ekonomi Saudi adalah minyak. Saudi menjadi negara terbesar eksportir minyak dunia.

Pada 2022 dengan nilai ekspor minyak Saudi diperkirakan sebesar 236 miliar dolar AS. Jumlah tersebut mewakili 16,2% ekspor minyak global.

Kerajaan Saudi juga tetap menjadi salah satu negara penghasil minyak terbesar di Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan dunia.

Menurut Badan Informasi Energi A.S., Arab Saudi memproduksi 12,44 juta barel minyak per hari pada tahun 2022. Arab Saudi memiliki sekitar 13% cadangan minyak dunia.

Kekuatan minyak Saudi ini yang membuat negara tersebut, cukup berpengaru dalam pasar global. Pengurangan atau pembatasan ekspor minyak Saudi akan berdampak terhadap pasokan dan kenaikan harga dunia.

Sementara Rusia juga menjadi pemasok utama minyak dunia. Rusia menempati posisi kedua, menyumbang 9,14% dari ekspor global pada tahun 2022. Nilainya mencapai 133 miliar dolar AS pada 2022. 

Produksi rata-rata tahunan mencapai sebesar 10,13 juta barel per har. Minyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Rosneft, Surgutneftegas, dan Gazprom. Jumlah ini menyumbang 10% dari produksi minyak global. Karena itu, persekutuan Saudi dan Rusia memiliki kekuatan besar dari sisi ekonomi.  

Kekuatan militer Saudi

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement