Kamis 18 Jul 2024 05:34 WIB

Joe Biden Kena Covid Lagi, Tiba-tiba Batal Isi Acara di Las Vegas

Banyak pihak memertanyakan kemampuan Biden bersaing di Pilpres AS 2024.

Red: Fitriyan Zamzami
Presiden AS Joe Biden mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19 di Gedung Putih, Washington, DC, pada 2021 lalu.
Foto:

Hingga saat ini, penularan Covid-19 di kalangan lansia AS masih mematikan. CNN melaporkan, mengutip  KFF Health News, jumlah korban jiwa akibat Covid-19 masih sangat mengejutkan. Sekitar 900.000 orang lanjut usia telah meninggal karena Covid-19 sejak pandemi dimulai hingga saat ini, terhitung 3 dari setiap 4 orang Amerika yang meninggal dalam pandemi ini.

Pada pekan terakhir 2023 dan dua pertama pertama tahun 2024 saja, 4,810 orang berusia 65 tahun ke atas meninggal karena Covid di AS, menurut data yang disediakan oleh Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC). Namun alarm yang menandakan terjadinya kecelakaan pesawat tidak ada. Pada periode yang sama, flu membunuh 1.201 lansia, dan RSV membunuh 126 orang.

“Saya terkejut karena tidak ada lagi kemarahan publik,” kata Alice Bonner (66 tahun), penasihat senior penuaan di Institute for Healthcare Improvement. “Saya berada pada titik di mana saya ingin berkata, 'Apa-apaan ini? Mengapa orang tidak merespons dan berbuat lebih banyak untuk orang lanjut usia?’”

photo
Gejala Covid-19 pada orang yang sudah divaksinasi. - (Republika)

Merujuk KFF Health News, banyak lansia yang berisiko tinggi tidak mendapatkan terapi antivirus untuk Covid, dan sebagian besar lansia di panti jompo tidak mendapatkan vaksin terbaru. Upaya untuk memperkuat kualitas perawatan di panti jompo dan pusat bantuan hidup terhenti di tengah perdebatan mengenai biaya dan ketersediaan staf. 

Hanya sebagian kecil orang yang menggunakan masker atau melakukan tindakan pencegahan lain di depan umum meskipun ada gelombang baru infeksi virus corona, flu, dan pernapasan yang menyebabkan rawat inap dan membunuh warga lanjut usia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement