Selasa 02 Jul 2024 06:55 WIB

Kisah Israiliyat Bertebaran di Banyak Tafsir Alquran, Benarkah Ulama Melarangnya?

Tidak semua Israiliyat itu lemah atau palsu riwayatnya.

Red: A.Syalaby Ichsan
Alquran (ilustrasi).
Foto:

Selain itu, dalam salah satu sabdanya Rasulullah menyatakan, "Sampaikan dariku walau satu ayat, dan ceritakan (apa yang kalian peroleh) dari Bani Israil, tidak ada dosa. Barang siapa sengaja berdusta mengatasnamakanku maka bersiaplah untuk masuk ke neraka. (Riwayat al-Bukhāri dari ‘Abdullāh bin ‘Amr)

Ayat dan hadis di atas dipahami oleh para ulama sebagai dasar membolehkan mengutip riwayat Israiliyat yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam, sebab yang diperintahkan oleh Alquran dan hadis tersebut tentu yang tidak mengandung kebohongan. Yang bertentangan dengan ajaran agama dan juga akal sehat sudah pasti mereka tolak.

Sementara itu, yang tidak ditemukan pembenaran dan penolakannya mereka memilih sikap tawaqquf, tidak membenarkan dan tidak pula mendustakan. Hal ini sejalan dengan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Dahulu Ahlul Kitab biasa membaca Taurat dalam bahasa Ibrani dan menjelaskan kepada orang Islam dalam bahasa Arab. Rasulullah bersabda, “Jangan kalian benarkan Ahlul Kitab dan jangan pula kalian dustakan. Katakanlah saja, ‘Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepada kalian...” (Riwayat al-Bukhāri dari Abū Hurairah)

Meski tawaqquf dengan tidak membenarkan dan tidak menolaknya, para ulama membolehkan untuk meriwayatkannya sekadar sebagai bentuk pemaparan atas kisah yang ada di kalangan mereka. HalK itu termasuk dalam kebolehan yang dibenarkan oleh ayat dan hadis di atas. Kebolehan tersebut tentu dalam batas-batas tertentu, yaitu tidak terkait dengan masalah akidah dan hukum, serta tidak ditemukan pembenaran dan penolakannya dalam ajaran Islam.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement